Pendidikan

Selain Nilai Akademik, Kepribadian Siswa Tentukan Kelulusan

Foto : Indra

Sumselterkini,co,id. Kayuagung – optimis siswanya dapat mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dengan baik. Untuk mencapai nilai maksimal siswa.

Mulyadi mengatakan, UPTD SMP Negeri 2 Kayuagung ini sendiri, pelaksanaan USBN diikuti 157 siswa yang menempati 8 lokal sekolah. Sedangkan waktu ujian yang berlangsung Senin-Sabtu dikurangi hari libur Nasional pada Rabu (03/04/2019).

Menurutnya, setiap sekolah memiliki cara tersendiri dalam mempersiapkan siswa agar dapat memperoleh nilai yang memuaskan juga persiapannya pun telah dimulai sejak awal tahun pelajaran dan dimantapkan saat memasuki semester genap.

“Kesiapan sejak awal, apalagi sudah ujian sekarang, secara prinsip, siap dari materi sudah hampir semua, tidak boleh main-main untuk persiapan UN,” terangnya.

Diungkapkan pimpinan 520 siswa ini, meski saat ini, ujian disekolahnya masih menggunakan ujian sistem manual, namun dirinya mengaku, dalam waktu dekat ini pihak Dinas Pendidikan Kabupaten OKI telah memberikan sejumlah 20 unit sebagai sarana ujian dengan menggunakan komputer, bantuan ini menambah sarana ketersediaan komputer bagi siswa.

“Bantuan Disdik 20 unit komputer dapat digunakan untuk ujian nasional nanti. Sehingga tidak perlu manual lagi,” jelasnya.

Mengenai target nilai siswa terbaik, ia tidak bisa memprediksikan. Akan tetapi, dirinya mengatakan, telah melakukan persiapan matang yang menurutnya memang tidak gampang meraih terbaik.

“Dulu kan, nilai UN besar pasti lulus. Kalau memang anak karakternya tidak baik ya tidak diluluskan. Saya sering sampaikan ke anak bahwa kelulusan ditentukan oleh sekolah termasuk nilai karakter juga menentukan,” jelasnya

Selain jumlah nilai, ia menganggap karakter juga penting. Sehingga, tidak serta-merta nilai USBN besar saja yang menentukan kelulusan.

“Kami punya tanggung jawab agar siswa dapat nilai maksimal.Penentuan kelulusan menggunakan nilai USBN dan keseharian, artinya penilaian akademik dan juga penilaian kepribadian siswa,” tandasnya.[**]

 

Penulis : Indra

 

Comments

Terpopuler

To Top