Kebijakan

Daerah Diminta Perkuat Investasi

Foto : istimewa

PRESIDEN RI Joko Widodo menekankan pentingnya investasi untuk membangun sebuah negara, mengingat Investasi memberikan arus modal masuk, terutama ke daerah-daerah yang menjadi pusat kegiatan usaha, sehingga modal tersebut akan menggerakkan perekonomian daerah.

“Kita tidak bisa hanya mengandalkan APBN dan APBD yang porsinya hanya 23% dari PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia. Sisa 77%-nya ya digerakkan oleh pengusaha, investor,” katanya dalam Rapat Koordinasi Nasional Investasi Tahun 2020, di The Ritz Carlton, Pasific Place, SCBD Jakarta, kemarin.

Terkait dengan Permasalahan izin atau regulasi di daerah yang banyak dikeluhkan investor harus diselesaikan, Ia pun mengaku kaget saat mengetahui adanya Rp 708 triliun investasi mangkrak yang belum terselesaikan.

“Penyelesaian masalah investasi yang harus menjadi fokus pemerintah pusat dan daerah, Uang sebanyak itu sudah siap masuk, kok tidak dilayani,” tegasnya

Kendati demikian, Jokowi mengingatkan bahwa investor itu tidak hanya yang asing dan memiliki modal besar, namun UMKM maupun usaha perorangan, juga investor yang harus dilayani. Oleh karena itu, Presiden menghimbau agar BKPM, DPMPTSP, seluruh pemerintah pusat dan daerah agar melayani usaha-usaha kecil itu dan mempermudah perizinannya agar para pengusaha ini mendapat akses permodalan yang lebih mudah.

“Tidak hanya melayani masyarakat, PTSP juga betul-betul bisa mengurus perizinan investasi. Dan menyelesaikan masalah yang dialami investor. Melayani investasi dan menyelesaikan masalah yang dialami investor,” tambahnya.[***]

Ril

 

Comments

Terpopuler

To Top