Infrastruktur & Transportasi

240 Hari  Tuntaskan Pembangunan  Jalan Muba sepanjang  126.25  KM

Foto : Humas Muba

Sumselterkini.co.id, Musi Banyuasin Penantian panjang- berpuluh tahun terisolir dan berkutat dengan kondisi jalan yang rusak parah-berbuah manis bagi  puluhan ribu warga Kecamatan Jirak Jaya dan Lawang Wetan. Sebuah sejarah bisa menikmati kondisi jalan yang bagus dan mulus di era kepemimpinan Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin dan Wakil Bupati Muba Beni Hernedi.

Tagline Muba Maju Berjaya 2022 akan tuntas. Pola percepatan pembangunan infrastruktur yang masif di tangan dingin Dodi Reza Alex Noerdin sudah terbukti membuat masyarakat Muba  makmur dan sejahtera.

Pemanfaatan anggaran pembangunan dari dana investasi PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) mampu mempercepat mulusnya jalan di Kecamatan Jirak Jaya dan Kecamatan Lawang Wetan.

Mewujudkan jalan yang bagus adalah realisasi pembangunan golden triangle atau segitiga emas. Dodi, penerima penghargaan Kepala Daerah Inovator dari Kementerian PUPR atas inovasi aspal karet,  menggelontorkan ratusan milyar untuk realisasi pembangunan jalan berkualitas sangat baik di dua kecamatan. Untuk memastikan pekerjaan berjalan baik, orang nomor satu di Bumi Serasan Sekate ini, melibatkan  kontraktor berpengalaman PT Conbloc Infratecno dan PT Abipraya-Perdana.

Tercatat, untuk di Kecamatan Jirak Jaya rampung dibangun jalan  sepanjang  59.95 KM (Kilometer). Membentang mulai  Tebing Bulang- Km 11 – Jirak (Jirak-Talang Mandung dan Jirak – Layan – Bangkit Jaya). Jembatan Gantung- Talang Simpang – Sp Rukun Rahayu -Mekar Jaya. Untuk ruas ini Bupati Muba Dodi Reza mengucurkan Rp.188.540.240 Miliar. Dari persiapan hingga jalan-jalan tersebut mulus  total dibutuhkan waktu hanya 240 hari  sejak Mei 2018 lalu.

Pembangunan lainnya,  yakni jalan Kecamatan Lawang Wetan  sepanjang 66.3 KM (Kilometer) meliputi jalan Sukarami-Simpang Sari-Tanah Abang-Saud-Simpang Selabu-Dawas-Berlian Makmur (C2)-Jalan Negara Kecamatan Lawang Wetan. Bupati Muba Dodi Reza mengucurkan dana Rp118 miliar dengan rincian pengerjaan aspal hotmix di sepanjang jalan 32 kilometer dan cor beton 27 kilometer.

“Membangun jalan di Muba ini butuh biaya yang sangat besar. Namun ini bukan alasan untuk tidak membangunnya. Alhamdulillah kita mendapatkan dana investasi pembangunan dari PT SMI yang merupakan lembaga pembiayaan BUMN menggelontorkan dana untuk percepatan pembangunan infrastruktur di Muba,” kata mantan Wakil Ketua Komisi VI DPR.

Masih kata Dodi,  pemanfaatan peminjaman dana ke PT SMI dengan bunga rendah sangat memprioritaskan percepatan pembangunan di daerah-daerah. “Kalau meminjam di Bank Sumsel Babel dan bank lainya bunganya tinggi. Solusinya Alhamdulillah ada di PT SMI dan secara bertahap digunakan untuk peningkatan infrastruktur di Muba. Sekarang pembangunan telah selesai,” ujarnya.

Kepada warga,  Dodi Reza Alex mengajak untuk bersama-sama menjaga kondisi jalan yang sudah baik  dan mulus tersebut. “Kami ingatkan juga kepada seluruh  perusahaan pengguna jalan lintas dimaksud  untuk tidak melampaui muatan barang bawaan. Mari kita jaga bersama jalan ini karena jalan ini dibangun dari uang rakyat Muba.  Kewajiban kita bersama untuk menjaga dan merawatnya. Kita juga sudah atur pemakain jalan ini  dan tertuang di Peraturan Bupati Muba,” katanya.[**]

Penulis : As

 

Comments

Terpopuler

To Top