Uncategorized

Dipastikan 1 Syawal 1440 H Jatuh Pada Hari Rabu Ini

Foto : Istimewa

1 Syawal 1440 Hijirah [Idul Fitri] dipastikan jatuh pada hari rabu 5 Juni 2019 setelah Kementerian Agama Sumsel bersama Badan Hisab Rukyat Sumsel, dan Pengadilan Agama Sumsel melakukan pemantauan hilal di atas gedung Hotel Aryaduta, Senin (3/6/2019).

“Kami melakukan Rukyatul Hilal tepat pukul 17:58 WIB saat matahari terbenam, guna mendukung penetapan 1 Syawal 1440 H,”ungkap Kakanwail Kemenag Sumsel HM Alfajri Zabidi usai pemantauan Hilal.

Menurutnya ketinggian hilal di Palembang pada sore ini -0 derajat -22′ -29″ dibawah ufuk Mar’I. Oleh karena hilal masih dibawah Ufuk, maka 1 Syawal 1440 H diperkirakan jatuh pada 5 Juni 2019.

“Pada saat matahari terbenam, menurut hisab hilal masih dibawah ufuk, maka hilal pada sore ini tidak dapat di rukyat,” katanya dilaporkan globalplanetnews.

Selain posisi hilal, cuaca yang ada di Palembang saat ini juga tak memungkinkan untuk melihat hilal. Hal ini karena cuaca di Palembang masih tertutup awan.

“Apa yang kita hitung kita laporkan di Kementerian agama, meski keadaan seperti ini mudah-mudahan di Sumsel kondusif,” pungkasnya.[**]

 

Comments

Terpopuler

To Top