Politik

10 Bakal Calon Gubernur Minta Dukungan Hanura

10-bakal-calon-gubernur-hanura

Sebanyak 10 Bakal calon Gubernur (Balongub) Sumsel periode 2018-2023, berupaya mencari dukungan dari partai Hanura Sumsel, agar melenggang di Pilkada Sumsel 2018 mendatang.

Foto: Wan

SUMSELTERKINI. ID, Palembang – Sebanyak 10 Bakal calon Gubernur (Balongub) Sumsel periode 2018-2023, berupaya mencari dukungan dari partai Hanura Sumsel, agar melenggang di Pilkada Sumsel 2018 mendatang.

Kesepuluh Balongub Sumsel itu, Herman Deru, Mayjen TNI (Purn) Iskandar M Sahil, Mawardi Yahya, Eddy Santana Putra, Febuar Rahman, HM Giri Ramanda N Kiemas, Ishak Mekki, Sarjan Taher, Syahrial Oesman, dan Saifudin Aswari Rivai. Sedangkan 1 bakal Wakil yang mengembalikan berkas yakni Badrullah Daud Kohar.

“Ada 10 nama yang mendaftar untuk posisi Calon Gubernur di Hanura Sumsel, dan 1 nama diposisi wakil,” kata Sekretaris DPD Hanura Sumsel Zakariah Abbas, disela- sela penyampain visi dan misi kandidat, di Hotel Exselton Palembang, Selasa (1/8).

Menurut Jack sapaan Zakariah Abbas, kandidat wajib menyampaikan visi dan misinya, dihadapan pimpinan DPC Hanura Kabupaten/ kota se Sumsel, untuk dinilai.

“Kita tidak mengomentari visi dan misi mereka, hanya menilai dan mencatat dimasing-masing DPC, untuk jadi pertimbangan merekomendasikan kandidatnya,” jelas Jack.

Dijelaskan Jack, tahapan selanjutnya, DPD Hanura Sumsel akan memverifikasi berkas syarat pendaftaran calon, dan nantinya yang telah memenuhi syarat akan diaerahkan ke DPP.

“Setelah nama diserahkan ke DPP, maka akan dilakukan survey yang lembaga surveynya ditentukan DPP. Nanti hasil survey yang menentukan, siapa balon yang layak diusung, dan bisa sepaket atau hanya balongubnya saja,” tandas Jack.

Sementara Balongub Sumsel Giri Ramanda, optimisi dirinya bisa mendapatkan dukungan dari partai Hanura. Mengingat partai Hanura merupakan partai koalisi pemerintahan juga.

“Kita optimis mendapatkan dukungan Hanura, dan pimpinan pusat juga terus melakukan komunikasi, agar di daerah juga terjalin koalisi,” tegas Giri yang saat ini menjabat ketua DPD PDIP dan ketua DPRD Sumsel ini.

Hal senada diungkapkan, Herman Deru yang mengikuti tahapan penjaringan di Hanura Sumsel, apalagi jika keputusan dukungan diuaung berdasarkan survey, dirinya mengklaim saat ini masih teratas.

Apalagi pada Pilgub 2013 lalu saat menghadapi Alex Noerdin dan Ishak Mekki, Deru yang berpasangan dengan Maphilinda Syarial sempat diusung Hanura, meskipun akhirnya Herman Deru kalah.

Sekedar informasi, partai Hanura Sumsel sendiri memiliki keterwakilan kadernya di DPRD Sumsel sebanyak 5 kursi, sementara untuk maju pada Pilgub Sumsel syarat minimal dukungan minimal 20 persen dari 75 kursi di DPRD Sumsel, atau minimal 15 kursi. Sehingga mau tidak mau, bakal pasangan calon harus melakukan koalisi dengan partai lain untuk memenuhi syarat administrasi pencalonan.

Comments

Terpopuler

To Top