Peristiwa

Kondisi Pasien Diduga Terdampak Virus Corona Mulai Membaik, Alhamdullilah

Foto : istimewa

TIM Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSUPMH Palembang menjelaskan pasien yang diduga terdampak virus corona sepulang dari Umroh di Mekkah, kondisinya mulai berangsur-angsur membaik.

“Pasien tersebut sudah menjadi lebih tenang, karena demam tinggi sudah menurun. Serta suhu tubuhnya perlahan kembali normal,”kata Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSUPMH Palembang dr Zen Ahmad, Kamis (5/3/2020).

Bahkan, paparnya pasien tersebut, suhunya menurun,dari 38 derajat sudah menurun ke 35 derajat. “Jadi kalau dua kali tes hasil negatif kita pastikan pasien bebas penyakit dan sembuh. Ini sedang menunggu (hasil), tapi sample pengecekan sudah ada,” ungkap dia.

Pasien tersebut juga melakukan tes pertama dan sedang menunggu hasil tes yang kemungkinan akan keluar besok. Untuk tes yang kedua juga segera dilakukan.

“Saat ini masih menunggu hasil laboratorium paling lama besok, dan meskipun belum keluar hasilnya yang kita berharap negatif. Sekarang pasien sedang lakukan tes pemerimsaan kedua. Kondisinya membaik dan sudah melepas bantuan oksigen,” jelasnya.

Zen menerangkan, pasien ini awalnya memang didiagnosa mers covid. Namun yang perlu diperhatikan mers covid berbeda dengan Covid-19 (corona). Kalau mers covid ini biasa terjadi setelah orang pulang dari Arab Saudi.

“Dengan suhu yang menurun, kita juga sudah ambil sample air liur atau dahak dan memperhatikan gejala serta menunjukkan indikasi laboratorium pasien terkena infeksi bakterial, dan kemungkinan radang paru-paru. Semoga hasil terbukti negatif, karena pastinya dari hasil tes keseluruhan,” jelasnya.

Zen melanjutkan, setelah pasien perlahan membaik. Pihaknya hari ini mendapat tambahan satu pasien yang baru pulang umrah. Pasien tersebut merupakan rujukan dari Rumah Sakit Hermina Palembang yang mengalami gangguan saluran nafas.

“Iya betul, kita ada pasien tambahan yang berumur 77 tahun berjenis perempuan, warga Palembang. Kondisinya sama dengan pasien kemarin setelah pulang umrah gangguan saluran nafas. Kita sudah lakukan tes radiologi paru-paru sesuai SOP. Saat ibu tersebut dalam tempat yang sama dengan pasien kemarin di kamar berbeda, masih diisolasi sementara. Jadi ada dua pasien sedang dalam pengawasan,” tutupnya.[***]

 

 

Comments

Terpopuler

To Top