Pendidikan

Irdam II Sriwijaya Kuliahi Mahasiswa UBD

kuliah umum bina darma

Sebanyak 1.200 mahasiswa baru Universitas Bina Darma (UBD) Palembang mendapatkan pemahaman mengenai wawasan kebangsaan dalam kuliah umum dari Irdam II Sriwijaya Kolonel Inf Suko Basuki, kemarin.

Foto: Kampus Universitas Guna Darma Palembang

SUMSELTERKINI.ID, Palembang – Sebanyak 1.200 mahasiswa baru Universitas Bina Darma (UBD) Palembang mendapatkan pemahaman mengenai wawasan kebangsaan dalam kuliah umum dari Irdam II Sriwijaya Kolonel Inf Suko Basuki, kemarin.

Kuliah umum ini merupakan kerjasama UBD Palembang dengan Kodam II Sriwijaya untuk memberikan kesadaran dan pemahaman terhadap wawasan kebangsaan bagi mahasiswa terutama yang baru masuk dan akan mengikuti pendidikan di UBD Palembang.

Mantan Danrem 044 Garuda Dempo ini menyampaikan materi tentang kewiraan. Menurutnya penyampaian materi ceramah ini merupakan salah satu upaya Kodam II Sriwijaya dalam reinterpretasi dan tranformasi pemahaman mahasiswa terhadap pendidikan kewarganegaraan atau kewiraan.

“Pendidikan kewiraan kewarganegaraan adalah suatu pola pendidikan sebagai usaha sadar untuk menyiapkan para mahasiswa melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau latihan bagi perannya di masa yang akan datang,” katanya.

Kolonel Inf Suko Basuki juga menyampaikan bahwa, pendidikan kewiraan atau kewarganegaraan dirancang dengan tujuan untuk memberikan pengertian kepada mahasiswa tentang pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara warganegara dengan negara serta pendidikan pendahuluan bela negara sebagai bekal agar menjadi warga negara yang dapat diandalkan negara.

 

“Pada saatnya dapat menghayati hakikat konsepsi wawasan nusantara dan ketahanan nasional, patriotik dan cinta tanah air dalam melaksanakan profesinya,” tuturnya.

Selain meningkatkan wawasan berfikir mahasiswa sebagai warganegara Indonesia, pendidikan kewiraan juga dimaksudkan sebagai usaha menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara demi terwujudnya aspirasi perjuangan nasional dengan tujuan untuk memupuk kesadaran bela negara.

“Diharapkan melalui pendidikan kewiraan atau kewarganegaraan mahasiswa akan menjadi manusia Indonesia seutuhnya, sehingga setelah menguasai ilmu pengetahuan teknologi dan seni tidak kehilangan jati dirinya,” tandas Kolonel Suko Basuki.

Rektor UBD Prof Buchori Rahman mengatakan, melalui pendidikan kewiraan, diharapkan juga mampu memahami, menganalisis dan menjawab masalah-masalah yang dihadapi masyarakat, bangsa dan negaranya secara berkesinambungan dan konsisten dengan cita-cita dan tujuan nasional.

Comments

Terpopuler

To Top