Pemerintahan

Ini Petuah Mendagri Kepada Kepala Daerah se Indonesia

Pengelolaan hubungan pemerintah pusat dan daerah yang efektif dan efisien serta birokrasi yang cepat berkaitan investasi, termasuk penyerapan anggaran.

foto : ist

SUMSELTERKINI.ID, Bandung – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan arahan kepada seluruh kepala daerah se – Indonesia dalam Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2018 di Grand Ballroom Hotel Trans Luxury Bandung, Rabu malam (21/2/2018).

Menteri Tjahjo Kumolo mengungkapkan beberapa pesan penting kepada sekitar 24 gubernur dan 6 wakil gubernur serta 4 sekda yang hadir.

Selain soal sinergi antar provinsi Menteri Tjahjo juga mengingatkan agar para gubernur mengawasi penyelenggaraan semua tahapan Pilkada di daerahnya. Dia juga menyampaikan arahan pemerintah pusat dalam rangka pengelolaan hubungan pemerintah pusat dan daerah yang efektif dan efisien serta birokrasi yang cepat berkaitan investasi, termasuk penyerapan anggaran.

“Forum ini penting sekali untuk membangun sinergi dan konektivitas serta inovasi antar provinsi. Misalnya antar gubernur Jabar dan Jatim dimana jatim setiap hari mengirim sapi ke Jabar dengan imbal balik textil dari Jabar, begitu juga seharusnya DKI dan Jatim, Jakarta setiap hari itu ambil dari Australia” terang Tjahjo.

Mengenai Pilkada Tjahjo menekankan 3 hal kepada puluhan gubernur yang hadir. Diantaranya kepala daerah diminta mensukseskan Pilkada dengan memperhatikan partisan pemilu, mengajak masyarakat melawan politik uang dan politik sara. Serta mengajak masyarakat melakukan pemilihan dengan cerdas.

Selain itu menurutnya kepala daerah diminta benar-benar mencermati tahapan yang paling krusial yakni pada bulan Juni, Juli dan Agustus.

“Juni adalah Pilkada serentak sampai pengumuman, akan ada konsolidasi parpol dari pusat sampai daerah dan pasti kepala daerah terlibat. Cermati sesuaikan dengan data perkembangan daerah masing-masing. Potensi-potensi masalah sekecil apapun harus dicermati agar semua berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Di tempat yang sama Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher dirinya sangat berterimakasih telah dijadikan tuan rumah penyelenggaran forum. Forum ini sangat penting dan strategis secara nasional untukmemajukan daerah.

Diapun berharap semua tamu yang hadir betah di Tanah Legenda atau Bumi Pasundan. Kesejukan kota Bandung pun diharapkan ikut berkontribusi akan keputusan-keputusan yang akan dihasilkan dalam Rakernas APPSI 2018.

“Semoga acara berjalan lancar dan menghasilkan keputusan yang berguna khususnya soal kesepahaman yang sudah digodok seluruh provinsi terkait ekonomi perdagangan. Sesungguhnya kita memandang bahwa potensi perdagangan di semua provinsi Indonesia ini cukuo untuk bisa menjadi modal kemandirian Indonesia,” jelasnya.

Untuk itu melalui forum inilah dia mengajak agat masing-masing daerah meningkatkan kerjasama kerjasama antar provinsi dan menggalakannya. Caranya dengan mengetahui potensi masing-masing. ” Keunggulan tersebut yang dikerjasamakan satu sama lain saya yakin akan bisa mengkokohkan kemandirian negara,” tambahnya.

Selain Gubernur Sumsel dan Mendagri Tjahjo Kumolo, pembukaan Rakernas itu tampak dihadiri juga oleh Ketua Umum APPSI Syahrul Yasin Limpo, dan Gubernur Sumsel Alex Noerdin.
Rakernas yang mengangkat tema “Kerjasama Perdagangan Antar Daerah Untuk Penguatan Ekonomi Nasional” ini dibuka langsung Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) RI Tjahjo Kumolo yang mewakili Presiden RI Joko Widodo.

Rakernas ini sendiri rencananya akan berlangsung mulai tanggal 21 Februari hingga 23 Februari mendatang. Sementara itu Presiden RI Joko Widodo rencananya baru bisa hadir pada Rakernas Kamis (22/2/2018).[win]

Comments

Terpopuler

To Top