Pemerintahan

Dana Penanggulan Bencana Karhutla Miliaran Cair

Foto : istimewa

DANA untuk Penanggulangan Bencana Karhutla Provinsi Sumsel cair seiring melepas 850 personil tambahan untuk memadaman Karhutla di OKI.

“Tidak ada alasan untuk menghambat pencairan dana tersebut, karena peruntukannya sudah sangat jelas. Bencana asap harus cepat ditanggulangi terlebih cuaca ekstrim diprediksi akan berlanjut hingga pekan pertama bulan  November,”ungkap Gub. Sumsel Herman Deru, kemarin.

Hal ini sesuai yang dicantumkannya dalam Keputusan Gubernur Sumatera Selatan Nomor 592/KPTS/BPBS-SS/2019 tentang Penetapan Status Keadaan Tanggap Darurat Bencana Asap Kebakaran Hutan dan Lahan.

Pencairkan itu berasal dari APBN Tahun Anggaran 2019 pada Badan Nasional Penanggulangan Bencana RI dan APBD Sumsel (Belanja Tidak Terduga) Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA-SKPD) pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sumsel.

Dihubungi terpisah Kepala BPBD Provinsi Sumsel Iriansyah mengatakan pencairan tersebut memang sudah dilakukan hari Jumat (25/10) dan dibagikan ke masing-masing OPD dan TNI, Polri serta Pol PP dan lainnya.

“Logikanya kalau dana itu belum cair bagaimana bisa 850 personel tambahan itu berangkat kemarin. Mereka kan disana mau makan minum dan disitu juga ada uang lelahnya,” jelas Iriansyah.

Oleh karena itu Iriansyah mengaku heran jika masih ada yang mempertanyakan dana penanggulangan tersebut. ” Dari kemarin seharian kita cairkan dan berikan langsung. Danrem juga tahu itu. Kalau kurang puas bisa cross cek ke BPKAD,” pungkasnya.[**]

Penulis : one

 

 

 

 

Comments

Terpopuler

To Top