Musik & Film

Icha & Petikan Nada-Nada Bass dalam Arena Musikal

Ketika irama musik dalam genre apapun melantun saat ia berekpresi memainkan dawai bass. Karena itu peranan instrumen bass sangat penting ketika permainan nada bergelombang membangun nilai estetika dalam seni bunyi-bunyian (nada).

foto : istimewa

HARMONISASI musik, selain drum dan gendang, bass merupakan faktor penting untuk menggiring segala instrumen berjalan sesuai notasi nada. Karena itu ciri musik jazz, blues, pop, dangdut, rock, rockn roll atau reggae, ditentukan oleh ketukan bass. Begitu pentingnya instrumen ini. Bahkan, meski ada lead gitar sebagai melodi dalam satu rangkai musikal, namun bass juga bisa bertindak sebagai melodi bass.

Mencermati petilan bass yang dimainkan Icha Bintang, saya jadi teringat dengan bassit reggae yang mengiringi penyanyi Bob Marley, Aston Barett. Aston Barett  begitu piawai menggerakkan jari jemarinya mewarnai ketukan musik reggae. Karena dari kocokan irama Aston mampu.mewarnai genre musik reggae-nya Bob Marley.

Begitupun Icha, ketika jari-jarinya menari di atas dawai instrumen bass, ia mencoba mengejar rangkuman nada dalam irama cepat dan indah. Andaikan ia bermain dalam format lengkap (grup), ia akan mampu membawa nilai musikal ke arah genre tertentu di dalam permainan musik andal.

Seperti dikatakan pemain bass Metalica, Cliff Lee Burton, seluruh instrumen yang dipegang para pemusik akan ikut hanyut ketika instrumen bass nyerocos dalam speed nada atau irama pelan.

Icha tampaknya berbakat untuk membangun struktur nada dalam genre musik metal dan trash. Ini satu peluang sangat baik baginya apbiila ia mempunyai semangat dan niat untuk mengikat kesatuan musik dalam satu grup.

Dalam perbincangan dengan BBC, bassist Sting atau nama aslinya Gordon Mattew Thomas Sunmer, tidak semabarang orang memiliki bakat untuk menguasai instrumen bass.

Sebab daya hitung musikal di dalam dirinya akan memperkuat porsi permainannya, ketika irama musik dalam genre apapun melantun saat ia berekpresi memainkan dawai bass. Karena itu peranan instrumen bass sangat penting ketika permainan nada bergelombang membangun nilai estetika dalam seni bunyi-bunyian (nada).

Musik The Beatless sendiri tidak akan eksis tanpa peranan bassist Paul Mc Cartney. Bahkan nama John Lennon tak akan melambung ke jagat blantika musik dunia tanpa seorang Paul. Termait Icha Bintang, ia harus selalu mengasah kemampuannya dengan cara membuka album-album terbaik dunia.

Sebab dengan cara belajar, Icha akan mampu mengembangkan teknik petikan serta memahami warna segala genre musik. Saya mencemati secara akurasi, baik dari petilan maupun Icah membangun ritme cepat atau lambat, coraknya sangat baik. Karena itu, apabila ia mempunyai semangat dan niat yang kuat untuk menjadi bassist profesional, Icha Bintang akan kalah dibanding bassist-bassist lainnya. Selamat mencoba, adinda! (**)

 

Anto Narasoma

Tirta Bening, 11 September 2019

 

Comments

Terpopuler

To Top