Industri Kreatif & UKM

Keberlangsungan UMKM Harus Dijaga di Masa Pandemi, Alasannya ?

foto : Istimewa

DIREKTUR PT Berkat Digital Indonesia Endang Wasiati Wierono berkomitmen ikut berpartisipasi dalam mendorong perkembangan UMKM lantaran banyaknya UMKM yang terpaksa gulung tikar akibat pandemi covid-19.

“Saat ini kami melihat banyak UMKM yang terdampak baik secara penjualan maupun pengembangan. Kami sebagai bagian dari stakeholder tentu merasa terpanggil,” kata Endang saat beraudiensi dengan Wagub Sumsel, Mawardi Yahya, Selasa (18/8/2020).

Menurutnya, salah satu yang akan dilakukan pihaknya, siap menyediakan website untuk setiap UMKM, agar bisa melakukan pemasaran secara online.

“Sebelum pandemi ini, UMKM merupakan penyumbang devisa terbesar. Sebab itu, kami menginginkan UMKM bangkit lagi. Kami siap menyediakan website serta memberikan edukasi kepada pelaku UMKM tersebut dari yang paling mudah hingga level yang paling tinggi sehingga UMKM ini bisa melakukan pemasaran online,” tuturnya.

Dia menilai langkah gubernur untuk mengendorse produk UMKM sudah sangat tepat. “Kami apresiasi atas inisiasi tersebut. Sudah saatnya kita bergerak bersama agar UMKM ini kembali tumbuh khususnya melalui pemasaran melalui online. Saat ini UMKM trafficnya sudah melalui online,” teranganya.

Sebab tambah dia, sistem online ini tentu tidak ada batasan seperti offline. Sistem online ini bisa dilakukan siapa saja dan dimana saja selama 24 jam.

Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya menegaskan saat ini Pemprov Sumsel masih berupaya mendongkrak kembali pertumbuhan UMKM yang sempat menurun akibat pandemi covid-19.

Mawardi mengatakan, UMKM memang merupakan salah satu sektor yang cukup terdampak covid-19. Sebab itu, dibutuhkan peran berbagai pihak agar sektor UMKM kembali bangkit.

Sektor UMKM memang dinilai sebagai penyanggah lajunya perekonomian termasuk di masa pandemi saat ini. “Keberlangsungan UMKM ini memang harus terus dijaga karena memang memiliki pengaruh sangat besar terhadap perekonomian,” tuturnya.[***]

Ril

 

 

Comments

Terpopuler

To Top