Industri Kreatif & UKM

4 Jurus Berbisnis Kopi, Boleh Dicoba

Meyakini bahwa bisnis kopi akan menjadi bisnis yang berumur panjang dan semakin dinamis dengan berbagai kreativitasnya.

foto : ilustrasi

SUMSELTERKINI.ID, Jakarta – Minum kopi memang dari dulu sudah menjadi kebiasaan semua masyarakat Indonesia, bahkan masyarakat dunia. Kopi juga saat ini sudah menjadi gaya hidup masyarakat di Indonesia, sehingga peluang untuk membuka gedai kopi di Indonesia kian ramai dan digandrungi kalangan pebisnis.

Omzetnya pun, ternyata tak kalah dengan berbisnis kuliner, padahal sederhana. Tapi saat ini untuk memikat pembeli banyak aneka ragam kopi yang di jual digedai-gedai kopi, tak kecuali untuk lebih menarik lagi banyak kendai menjual kopi dengan inovatif, dan unik. Sehingga berbisnis kopi saat ini sangat cerah prospeknya.

Namun perlu diingat juga berbisnis kopi perlu strategi dan tips, seperti berbisnis kuliner lainnya, karena tanpa strategi semua tak bisa berjalan maksimal.

Nah,  kalangan distributor  juga menawarkan binaan kepada calon pebisnis kopi yang ingin membuka kedai kopi, meyakini bahwa bisnis kopi akan menjadi bisnis yang berumur panjang dan semakin dinamis dengan berbagai kreativitasnya.

Berikut adalah cara untuk mulai berbisnis kopi dengan menjadi reseller.

  1. Mengambil kopi ke distributor kopi

Harga yang ditawarkan distributor kopi seperti JWN adalah harga yang jauh lebih murah. Jika Anda ingin margin lebih, packing tanpa merek dari distributor tidak perlu dicantumkan dan Anda bisa membuat label atau merek sendiri. Kemudian, Anda bisa menjual kopi dengan harga per 200 gram. Umumnya, kopi dalam bentuk bijian maupun yang sudah melalui proses roasting dihargai Rp80 ribu hingga Rp100 ribu. JWN menawarkan harga per kilo kopi mulai Rp175 ribu sampai Rp225 ribu.

  1. Pasarkan melalui media sosial

Cara termudah untuk memasarkan produk yang baru Anda jual adalah dengan mulai memasarkannya melalui media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan lain sebagainya. Kemudian, untuk meningkatkan kualitas pemasaran Anda, membuat sebuah website yang dapat menerangkan produk kopi Anda kepada calon konsumen tampaknya menjadi langkah yang tepat untuk memaksimalkan bisnis Anda.

  1. Menjadi supplierkedai kopi

Untuk meluaskan pasar, Anda bisa menjajaki kedai-kedai kopi yang sangat banyak di Indonesia, khususnya Jakarta. Tawarkan produk kopi Anda ke kedai-kedai kopi, jalin hubungan baik, dan berikan harga terbaik.

  1. Mulai membuka kedai

Jika bisnis kopi Anda dalam bentuk kemasan 200 gram maupun kiloan sudah membuahkan hasil, Anda bisa mulai mengembangkan bisnis kopi Anda dengan membuka kedai kopi. JWN juga menawarkan binaan bagi yang ingin membuka kedai kopi. Mulai dari mempelajari jenis kopi, menyeduh kopi yang benar hingga mengelola bisnis kopi.[WE]

 

Comments

Terpopuler

To Top