Ekonomi

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Presiden : Jembatan Sei Alalak Mendorong Konektivitas Antardaerah

PRESIDEN Joko Widodo meresmikan Jembatan Sei Alalak di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) guna meningkatkan perekonomian daerah pada Kamis (21/10/2021).

“Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Jembatan Sei Alalak sore hari ini saya nyatakan diresmikan,” ujar Presiden Joko Widodo melalui siaran virtual yang ditayangkan Sekretariat Presiden (Setpres).

Dilansir dari InfoPublik, pada kesempatan kali itu, Presiden Joko Widodo mengatakan, infrastruktur jembatan yang dibangun oleh pemerintah ini sangat penting bagi masyarakat sekitar. Sebab, sebagai jalur utama yang menyambung antara Kota Banjarmasin, Kalsel dengan berbagai wilayah di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Sekaligus, sebagai pengurai kemacetan yang kerap kali dialami oleh masyarakat sekitar di kedua provinsi di atas. Karena jembatan ini sebagai jalur alternatif pengganti Jalan Lingkar Selatan yang rusak hancur diterjang oleh banjir beberapa waktu yang lalu.

“Saya mendengar bahwa masyarakat sudah tidak sabar lagi menunggu peresmian jembatan ini, karena jembatan ini memiliki fungsi yang sangat penting,” kata Kepala Negara.

Jembatan sepanjang 850 meter ini, dibangun dengan dana Rp278 miliar. Yang dibangun dengan menggunakan teknologi tinggi tahan gempa, sehingga diperkirakan mampu bertahan sampai 100 tahun mendatang.

Presiden berharap, kehadiran jembatan ini akan memperkuat konektivitas antar wilayah di kedua provinsi. Dengan begitu, transportasi antar daerah semakin lancar, karena terdapat sejumlah efisiensi yang timbul dengan adanya infrastruktur jembatan ini.

Ke depan, infrastruktur ini akan mendorong adanya sentra-sentra ekonomi baru di wilayah yang dekat dengan infrastruktur ini.

“Saya berharap kehadiran jembatan ini akan memperkuat konektivitas antarwilayah yang mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah sekitarnya, serta menciptakan sentra-sentra ekonomi baru,” pungkas Presiden.(***)

 

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com