Ekonomi

Bupati Mura dan Muratara Laksanakan Paparan, Gubernur Dorong Bupati Fokus Program Pembangunan di Desa Tertinggal

GUBERNUR Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru mendengarkan langsung Paparan Bupati Kabupaten Musi Rawas Hj. Ratna Machmud dan  Bupati Kabupaten Musi Rawas Utara Devi Suhartoni berkenaan dengan program pembangunan infrastruktur dikedua Kabupaten bertetangga tersebut, bertempat di ruang tamu Gubernur Sumsel, Senin (8/3).

Gubernur menuturkan, Pemerintah Provinsi Sumsel  berupaya untuk mewujudkan pemerataan pembangunan infrastruktur secara merata di 17 Kabupaten/kota di Sumsel.

Salah satu caranya  dengan mengucurkan Bantuan Gubernur Khusus (Bangubsus) secara proporsional bagi setiap daerah dengan memprioritaskan mengangkat potensi di
masing-masing daerah agar menjadi ikon yang eye catching.

“Dua kabupaten ini butuh sentuhan secara khusus kalau perspektif kita melihatnya dari angka kemiskinan, kita bedah dulu persoalanya. Bahwa Mura memiliki desa tertinggal sangat banyak, Muratara hasil pemekarannya. Apa yang menyebabkan kemiskinan itu adalah biaya hidup yang tinggi,  infrastruktur yang tidak memadainya, sehingga konektifitas terhambat,” katanya.

Herman Deru menghimbau Bupati Musi Rawas dan Bupati Musi Rawas Utara menentukan kembali program mana yang bersifat superprioritas, prioritas, dan program yang regular. Dijelaskannya secara rinci, program superpriotas adalah program pembangunan yang mangkrak dan sangat dibutuhkan warga.

Sementara Kategori proritas ditujukan bagi pembangunan fisik yang menjadi sorotan mata masyarakat. Sedangkan untuk kategori regular merupakan pembangunan rutin tahunan yang menjadi tanggungjawab kabupaten/kota.

“Ini kan Bapak/ ibu bupati baru, buat yang eye catching yang sifatnya dapat dirasakan masyarakat. Saya ingin membantu bapak dan  ibu Bupati untuk mendapat trust dari masyarakat, melalui Bangubsus,” tambahnya.

Dalam paparannya Bupati Muratara Devi Suhartoni mengatakan, Kabupaten Muratara adalah kabupaten muda yang sedang giat membangun dan membuat masyarakat sejahtera dan bahagia.

Menurutnya, sasaran program di tahun 2021 adalah untuk meningkatnya potensi dan daya saing sektor unggulan terhadap perekonomian daerah, dimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perluasan lapangan kerja dan pengurangan kemiskinan.

“Permasalahannya persentase kemiskinan tertinggi, IPM kategori sedang, dan sebagai daerah tertinggal akan berpengaruh dengan angka Sumsel. Oleh sebab itu Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas Utara mempunyai semangat, strategi, dan kebijakan menyelesaikan permasalahan tersebut, kabupaten Muratara sangat membutuhkan bantuan dan dukungan Gubernur Sumsel,” katanya

Sementara Bupati Kabupaten Musi Rawas Hj. Ratna Machmud dalam paparannya mengusulkan program prioritas Kabupaten Musi Rawas antara lain program anggaran BPJS bagi masyarakat di wilayah Musi Rawas, untuk mencapai tujuan program Universal Health Coverage (UHC), kemudian percepatan pembangunan infrastruktur dan pasar sebesar dan Pembangunan Rumah sakit muara beliti.Ril

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com