Digital Ekonomi

Ekonomi Sumsel Alami Perbaikan, BI Fasilitasi UMKM Go Ekspor & Go Digital

Foto : istimewa

KEPALA Perwakilan Wilayah BI Sumsel, Harri Widodo mengatakan, saat ini perkembangan ekonomi di Sumsel terus menunjukkan perbaikan. Hal ini tampak dari perbaikan pertumbuhan ekonomi dari sebelumnya terkontraksi -1,56 persen pada triwulan II berkurang menjadi -1,4 persen pada triwulan III.

“Hal ini menyiratkan optimisme, bahwa pertumbuhan ekonomi akan terus membaik pada periode berikutnya karena hal ini sejalan dengan membaiknya indikator ekonomi secara global, nasional dan regional,” jelasnya kemarin.

Menurut Harri perbaikan ekonomi ini diharapkan dapat membantu para pelaku usaha termasuk UMKM yang terdampak penurunan omzet, terkendala bahan baku dan modal. Karena seperti data statistik menggambarkan bahwa UMKM merupakan salah satu penggerak ekonomi di Sumsel dengan penyerapan tenaga kerjanya yang luar biasa.

“Karena itu untuk mendorong kebangkitan UMKM di masa pandemi, KPW BI mengimplementasikan beberapa kebijakan. Pengembangan yang dilakukan BI meliputi aspek produksi, pemasaran, termasuk memfasilitasi UMKM go ekspor dan go digital,” jelasnya.

Bahkan sebagai bentuk ikhtiar nyata dalam rangka mengembangkan UMKM menjadi kekuatan ekonomi baru, BI bersinergi dengan Pemda dan bekerjasama dengan Dekranasda Sumsel menggelar SerU Sriwijaya 2020 mulai 19-25 November mendatang secara virtual. Beberapa kegiatan yang digelar ini berupa web minor yang membahas.

Selain pembukaan Semarak UMKM (SerU) Sriwijaya 2020, dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan bussines Matching antara UMKM Sumsel dan PT Bank Pembangunan Daerah Sumsel- Bangka Belitung.

Kegiatan itu juga tampak dihadiri, Direktur Departemen Regional BI Wuryanto Kepala Kantor Perwakilan BI Sumatera Utara Wiwik Sisto Widayat, Kepala OJK Regional VII Untung Nugroho, Direktur Utama BSB Ahmad Syamsudin, Ketua MUI Sumsel Prof DR K.H. Aflatun Muchtar.[***]

 

Ril

Comments

Terpopuler

To Top