CSR

Ini Harapan Pusri Kepada Para Santri Ponpes PPI Terkait Pelatihan Kerajinan Bambu dan Budidaya Lele

foto : Humas Pusri

SUMSELTERKINI,CO.ID, Ogan Ilir –  PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang menutup pembinaan dan pelatihan  pembuatan kerajinan  bambu dan budidaya ikan lele di Pondok Pesantren Al – Ittifaqiah (PPI) Kampus D Indralaya, Desa Tanjung Lubuk, Kecamatan Indralaya Selatan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan (16-26 Juli 2018).

Kegiatan tersebut merupakan  salah satu program  CSR Pusri untuk masyarakat sebagai  usaha kreatif dan inovatif agar nantinya ke depan santri dapat mandiri setelah keluar dari Pondok.

“Kerjasama antara Pusri dan PPI sudah terjalin sejak 2013 dengan menanam bambu dan sekarang tetap berlanjut hingga dapat menghasilkan industri kreatif,”ungkap Manajer Humas PT Pusri Palembang, Hernawan L  Sjamsuddin, Kamis (26/7/2018).

Menurutnya  inovasi program yang dinamai serumpun bamboo ini tidak terpaku dengan pelatihan nya saja namun ke depan dapat menghasilkan usaha yang mandiri dari para santri dan mampu menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat setempat juga.

“Bambu wulung yang ditanam dan digunakan jadi bahan baku ini mereka tanam dan hasilnya dijadikan kerajinan, saat pelatihan kami juga mendatangkan langsung tenaga ahli dari Lampung,”ungkapnya.

Selain pelatihan kerajinan bambu, katanya untuk  budidaya  ikan lele, infrastruktur berasal dari  Dinas Perikanan Kabupaten Ogan Ilir dengan total bibit sebanyak 10.000 bibit ikan lele dengan diterbar ke dalam 8 kolam ikan menggunakan terpal.

Program ini lanjutnya bertujuan juga menambah wawasan para santri dibidang ternak dan budidaya lele dan mencetak wiraswasta khususnya santri.

Hadir dalam penutupan pelatihan ini antara lain Kepala Dinas Perikanan Ogan Ilir (H. Tarmuji, SP), Camat Indralaya Selatan (Kamaludin S, Sos), Mudir Ponpes Al-Ittifaqiyah (KH Mudrik Qori, MA), dan Kepala Desa Tanjung Lubuk (Bakarudin).[one]

 

Comments

Terpopuler

To Top