Tips

12 Cara Mengusir Cicak Di Rumah, Silahkan Coba

foto : istimewa

CICAK binatang yang sangat menyebalkan, hampir setiap bagi cicak sering meninggalkan kotoran yang bau di lanti rumah membuat pemilik rumah kesal karena harus membersihkannya, selain kotorannya bau, juga jika terinjak telapak kaki akan menyebabkan nazis, saat kita mau sholat.

Meski tidak makhluk ini tidak berbahaya tapi menjijikan, Cicak biasanya merangkak di diding dan kerap beol jika perutnya sudah kenyang memakan serangga, nyamuk ataupun semut.

Nah, ada beberapa cara untuk mengusir cicak tersebut :

1. Ampas Kopi

Ini adalah metode yang sangat efektif untuk menyingkirkan cicak. Campur tembakau dan bubuk kopi dan buat kedua bahan ini berbentuk seperti bola, simpan bola yang sudah disiapkan di setiap sudut rumah dan tempat-tempat di mana cicak bersembunyi. Setelah memakan bola-bola ini, cicak akan mati atau menjauh dari rumah Anda.  Selain itu, ampas kopi juga sangat efektif digunakan untuk mengusir dari ruangan.

2. Cangkang Telur

Cicak akan meninggalkan rumah Anda karena bau telur akan membuat cicak berasumsi bahwa ada organisme lain yang ada di tempat tersebut. Simpan beberapa kulit telur di sekitar sudut rumah, pintu, dan jendela Anda.

3. Semprotan Merica

Semprotan merica dapat mengiritasi cicak. Cara ini akan membuat mereka lari. Persiapkan pembasmian cicak dengan mencampur lada hitam dan air yang dihancurkan. Semprotkan larutan ini ke seluruh rumah termasuk di rak dapur, di bawah kompor, lemari es, dan dekat lampu.

4. Bawang Putih

Cicak tidak tahan dengan bau bawang putih. Cara ini mungkin terdengar aneh bagi Anda, tetapi menggantung beberapa siung bawang putih di sekitar rumah akan membuat cicak menjauh.

Anda juga dapat menempatkan beberapa siung bawang putih di sudut dan pintu masuk rumah atau menyemprotkan jus bawang putih di area yang cenderung terdapat banyak cicak.

5. Bawang Merah

Bawang merah mengandung senyawa belerang yang bertanggung jawab atas bau tak sedap yang mereka hasilkan. Cicak tidak bisa mentoleransi bau bawang yang menyengat. Maka dari itu, gantung beberapa bawang di sekitar pintu, jendela dan semua akses masuk lainnya.

Atau simpan bawang di area yang menjadi tempat tinggal cicak. Reptil menyeramkan ini akan segera meninggalkan tempat tersebut. Sebagai alternatif, Anda bisa menyemprotkan larutan yang terbuat dari jus bawang merah dan air untuk mengusir kadal rumahan ini.

6. Flypaper

Flypaper tidak hanya dapat menjebak lalat, tetapi juga cicak. Tempelkan kertas ini di dinding. Cicak akan menempel dan terjebak didalamnya, kemudian Anda dapat dengan mudah membuang cicak ini dari rumah Anda.

7. Air Dingin

Semprotkan air dingin pada cicak setiap kali Anda melihatnya. Ini adalah salah satu cara termudah dan efektif untuk menyingkirkan cicak. Air dingin akan membuat mereka tidak bergerak untuk sementara waktu. Anda dapat membuangnya saat mereka masih membeku.

8. Naphthalene Balls

Bola naftalena dapat membuat cicak pergi jauh dari rumah. Tempatkan saja mereka di sudut ruangan, lemari, di bawah kompor, wastafel air dan pintu masuk tempat tinggal Anda. Ini adalah cara paling umum untuk membasmi cicak. Anda juga dapat menggunakan kapur barus sebagai pengganti bola naftalena.

9. Bulu Merak

Tempatkan bulu merak di tempat-tempat di mana Anda biasanya melihat cicak. Burung merak memakan kadal juga cicak, sehingga Anda dapat menakut-nakuti reptil ini dengan meletakkan bulu merak di pintu masuk. Jadi berpura-pura seakan Anda memelihara burung merak di rumah.

10. Saus Tabasco

Seperti semprotan lada hitam, cicak juga membenci bau saus Tabasco pedas. Campur 2 sendok teh saus ini dengan air dan isi dalam botol semprot. Semprotkan larutan pada kaca jendela, bagian belakang lemari atau sudut rumah, untuk menjauhkan cicak dari rumah Anda.

11. Phenyl Tablets

Cukup letakkan tablet fenil di semua pintu masuk rumah Anda. Bau fenil dapat mengusir cicak dan menjauhkan mereka dari rumah Anda.

12. Metode Jebakan Kotak Karton

Jika Anda tidak ingin membahayakan atau membunuh cicak dengan cara apa pun, maka jebak saja mereka di kotak kardus lalu buang.

Sumber : klik’N Clean

Comments

Terpopuler

To Top