Politik

Demokrat Sumsel Pede Hadapi Pilkada Serentak 2020 di 7 Kabupaten

Foto : Istimewa

DEWAN Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sumsel, mengaku optimis dalam menghadapi Pilkada setentak 7 Kabupaten di Sumsel pada 2020 mendatang.

Keoptimisan ini disampaikan Sekretaris DPD Demokrat Sumsel MF Ridho, menurutnya kesuksesan partai Demokrat dalam Pilkada serentak 2018 di Sumsel, bisa menjadi cerminan partainya meraih kesuksesan kembali nantinya.

“Pada Pilkada serentak 2018 lalu, dari 10 pelaksanaan Pilkada di Sumsel, 80 persen yang diusung dan didukung Demokrat menang. Hanya Pilkada Pagar Alam dan tingkat Pilgub Sumsel Demokrat kalah, tentunya kita ingin mengulang pengalaman hasil Pilkada 2018 itu,” kata Ridho, kemarin.

Diungkapkan anggota DPRD Sumsel ini, keberhasilan partai Demokrat meraih kemenangan di Pilkada lalu, salah satunya menjalankan instruksi partai, dan kerja mesin partai.

“Jelas, kita akan melaksanakan mekanisme yang sesuai juknis DPP dan nanti, penjaringan akan dibuka serentak. Jadi tunggu saja,” ujarnya, seraya tidak menutup kemungkinan calon ekternal akan diusung nantinya.

Ditambahkan Ridho, untuk proses penjaringan pasangan calon kepala daerah dari partai Demokrat, pihaknya masih menunggu Juknis dari DPP. Nantinya amanat DPP akan ditindaklanjuti DPC.

“Demokrat ada standar dalam mengusung calon yang akan diusung. Dari tujug daerah yang ada, kita berharap meski ditingkat daerah (Kabupaten) pelaksanaannya, kita mendorong semangat kader untuk maju. Meski begitu ada meknisme dan standar yang dilalui, dan Demokrat pastinya ada hitungan jika yang diusung maupun didukung harus menang. Kalau tidak, maka akan berpikir kembali dengan konsultasi ke pusat, sebab belum tentu survey tertinggi menang, bisa saja ia memiliki program yang bagus,” tandas Ridho.

Ketua Komisi Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Sumsel Muchendi Mahzarekki menambahkan, pihaknya saat ini masih menunggu Petunjuk Organisasi (PO) DPP Demokrat untuk langkah selanjutnya.

“Jelas kita ingin sukses dengan memenangkan Pilkada yang ada, dan saat ini kita masih menunggu PO Demokrat, apa yang akan dilakukan kedepan, termasuk apakah dilakukan penjaringan,” cap Muchendi.

Dijelaskan anggota DPRD Sumsel ini, Demokrat akan berusaha memajukan kader terbaiknya, untuk bisa meramaikan persaingan dalam Pilkada. “Kader akan kita prioritaskan, dan akan dilihat hasil surveynya sebelum diusung,” jelas Muchendi.

Ditambahkan putra mantan Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki ini, dari 7 Kabupaten di Sumsel yang melaksanakan Pilkada serentak 2020. Beberapa daerah jelas akan diprioritaskan, seperti di Kabupaten Ogan Ilir (OI) maupun Musi Rawas Utara (Muratara), Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), serta OKU Selatan.

“Beberapa daerah itu kita berhasil meraih kursi pimpinan DPRD, hasil Pileg lalu. Selain itu juga memang ada kader kita, seperti di OI ada mantan ketua DPC Demokrat yang saat ini duduk di DPRD Sumsel Kanovriyandri,” pungkasnya.[**]

Penulis : one

Comments

Terpopuler

To Top