Politik

LSI : 3 Power Besar Bakal Bertarung di Musda X DPD Golkar Sumsel

Foto : istimewa

LEMBAGA Survei Indonesia (LSI) memprediksi tiga kandidat yang memiliki power besar yang akan bertarung pada Musyawarah Daerah (Musda) X DPD Partai Golkar.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI)  Djayadi Hanan memprediksi. “Tiga kandidat itu yakni Alex Noerdin, Kahar Muzakir dan Mawardi Yahya, satu dari kandidat ini akan memunculkan satu kandidat Ketua DPD Partai Golkar,”

Menurut Djayadi, ketiga orang kandidat tersebut merupakan orang-orang yang lama berkiprah di dunia politik Sumsel. Bahkan ia menilai pertarungan itu cukup seimbang. Pasalnya, semuanya memiliki kekuatan politik, baik di tingkat Pemerintahan maupun di tingkat legislatif.

“Kekuatan itu bisa menjadi modal yang kuat bagi kader daerah untuk melihat siapa yang di pilih kedepan, karena biasanya partai Golkar selalu mencari pemimpin yang lebih dekat dengan kekuasaan,” ujarnya.

Selain ketiganya mempunyai akses luas yang langsung dengan kekuasaan, alasan inilah yang membuat bahwa pertarungan ini menjadi seimbang. “Tinggal bagi pertarungan dilapangan memperbutan suara dari pemilik suara,” ungkapnya.

Dari hasil perebutan kursi Ketua DPD Golkar Sumsel ini bisa menjadi tiket untuk bertarung dalam Pilkada Gubernur yang akan datang. “Salah satu hal yang menjadi faktor membuat pertarungan Golkar menjadi menarik, karena bisa berpotensi menjadi calon utama kepala daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten,” terangnya.

Sejauh ini, kekuatan partai yang berlambang pohon beringin tersebut di Sumsel cukup menonjol, baik di tingkat Provinsi maupun Daerah. Bahkan untuk di tingkat Nasional diperkirakan telah menargetkan menang di angka 60 persen.

“Golkar tampak melakukan upaya-upaya cukup serius, diantaranya dengan menyeleksi kandidat-kandidat yang potensial, bukan hanya berdasarkan pertimbangan- pertimbangan di Partai Golkar tapi melihat potensi ril kemungkinan keterpilihan seseorang untuk menjadi kepala daerah,” pungkasnya.

Hal senada diutarakan Rektor Unitas Palembang, Joko Siswanto, sejauh ini partai Golkar telah banyak melahirkan para petinggi partai politik di seluruh Indonesia. “Kita bisa lihat saja sendiri, dulu kader Golkar, sekarang mereka ketua Parpol, yang notabene jadi rival Golkar, merebut konstituen,” singkatnya.[***]

 

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com