Peristiwa

Warga Perum Pesona Panik, Karhutlabun Nyaris Hanguskan Rumah

Foto : one

 

PERISTIWA kebakaran hutan dan kebun [karhutlabun] di siang bolong terjadi tak jauh dari perumahan warga – Perum Pesona Harapan, Tahap I, Jalan KH. Azhari Rt36, Kalidon,i Palembang, Sabtu [7/9/2019].

Asap mulai terlihat sangat pekat dan disertai arang sisa daun yang terbakar bertebaran di udara di Perum tersebut, sekitar pukul 13.00 WIB membuat warga perum tersebut semakin panik dan cemas. Warga pun yang mayoritas ibu rumah tangga [IRT] berhamburan ke luar.

“Kami cemas dan panik karena asap di hutan tersebut semakin pekat dan tebal, jarak pandang pun sangat terganggu, bahkan menganggu pernapasan, terutama anak-anak. Apalagi melihat hutan tersebut gelap dengan asap, tak terlihat lagi semak belukarnya,”kata beberapa IRT yang sengaja berkumpul di blok B- C Perum tersebut.

Menurut warga kabut asap mulai pekat menutupi Perum Pesona Tahap I sekitar pukul 13.00 WIB, api mulai menyebar di perbatasan antar hutan dan kebun dengan perumahan miliknya. Ntah, apakah kebakaran hutan dan kebun ini faktor kesengajaan atau memang titik api [hotspot]. Kami kurang tahu.

“ Yang jelas, kami takut sekali dampaknya bisa membakar rumah, makanya kami ke luar rumah, yang biasa tidur siang jadinya tidak tidur, mundar-mandir untuk mencari pertolongan, ”akunya.

Untung saat ini, ungkap sejumlah IRT setempat ada yang melaporkan peristiwa karhutla tersebut ke Kecamatan, sehingga tak beberapa lama tim damkar menurunkan 1 unit mobil kebakaran/ Damkar untuk memadamkan api tersebut. Takut api menyebar lagi tim damkar mendatangkan 1 unit kembali mobil kebakaran.

Pantauan ST, sabtu sore ini,  api yang membakar hutan dan kebun di dekat perum tersebut sudah berhasil dijinakan, namun tim damkar masih belum beranjak untuk menyelusuri api tersebut guna mengantisipasi agar api tidak menyala kembali.[**]

 

Penulis : one

 

 

 

 

Comments

Terpopuler

To Top