Perbankan & Keuangan

BSB Kayuagung Dorong Nasabah Migrasi ATM Model Chip

foto : istimewa

Sumselterkini.co.id, Kayuagung –Bank Sumsel Babel Cabang Kayuagung menghimbau Nasabahnya Ganti Anjungan Tunai Mandiri Dengan Kartu ATM Model Chip.Hal ini, salah satunya untuk lebih mengamankan kartu dari kejahatan diantaranya skimming.

Upaya yang dilakukan Bank milik Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan ini sebagai peningkatan pelayanan kepada nasabah tetap aman dan nyaman.

Nasabah yang masih memiliki kartu lama, diwajibkan segera menukarkan, selain faktor keamanan, sekaligus untuk menghindari terjadinya kartu ditelan mesin ATM.

Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Kayuagung, Tabroni menyampaikan, nasabah diwajibkan mengganti kartu debit atau kartu ATM yang semula menggunakan teknologi pita magnetik (Magnetic Stripe) ke kartu ATM chip.

“Hal ini sejalan dengan National Standard Indonesian Chip Card Specification (NSICCS) yang ditetapkan Bank Indonesia (BI) sebagai standar nasional teknologi chip kartu ATM atau kartu debit untuk seluruh penyelenggara kartu ATM atau debit di Indonesia,” jelasnya kemarin.

Diakuinya, selama ini yang menjadi pengaman pada ATM hanya yang ada pada garis hitam di kartu yang belum memiliki chip, sehingga belum menjamin keamanan terhadap potensi kejahatan pembobolan data nasabah.

“Pemakaian chip pada kartu sudah terbukti lebih aman. Ini dibuktikan, hingga saat ini belum ada kasus pembobolan data ATM model chip. Segera tukarkan kartu lama dengan sistem chip,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, dalam melayani penukaran kartu ini, BSB Kayuagung memberlakukan hari Sabtu- Minggu tetap melakukan pelayanan dengan tambahan jam operasional hingga Pukul 21.00 WIB.

“Beberapa hari lalu, pelayanan penukaran kartu ini bahkan mencapai 800 nasabah. Agar tercapai target, kita menurunkan seluruh pegawai untuk turut melayani,” terangnya.

BSB Kayuagung sendiri, menurut Thobroni, setidaknya menargetkan 50 persen dari 40 Ribu nasabah dapat terlayani untuk menukarkan kartunya. Ia menambahkan, kelalaian mengganti kartu, beresiko kartu tertelan.

“Bagi kartu yang tertelan bisa langsung melapor ke petugas yang standby di ATM agar langsung dapat diganti kartu baru dengan sistem chip,” tandasnya.[**]

Penulis : Indra

Comments

Terpopuler

To Top