Pemerintahan

Sumsel Pertama Terapkan JIPP di Sumatera

Sumsel Pertama Terapkan JIPP di Sumatera

Guna meningkatkan pelayanan publik, pemerintah provinsi Sumsel saat ini bekerjasama dengan tiga lembaga kementerian membentuk Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP). Sumsel sendiri merupakan provinsi pertama yang melakukan ini di wilayah Sumatera.

Foto: Humas Pemprov Sumsel

SUMSELTERKINI.ID, Palembang – Guna meningkatkan pelayanan publik, pemerintah provinsi Sumsel saat ini bekerjasama dengan tiga lembaga kementerian membentuk Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP). Sumsel sendiri merupakan provinsi pertama yang melakukan ini di wilayah Sumatera.

Adapun tiga lembaga yang dimaksud yakni Kementeriaan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Pemerintah Provinsi Sumsel, dan Deutsche Gesellschafttfur Internationale Zusammenarbeit GambH (GIZ).

Untuk diketahui JIPP adalah simpul kerjasama antar lembaga yang mempunyak minat dalam pengembangan inovasi pelayanan publik. Anggota jaringan terdiri dari kementerian, pemerintah daerah, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, dan lembaga mitra pembangunan.

Salah satu percepatan implementasi layanan aspirasi ini berupa pengaduan online rakyat (Lapor).

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan Nasrun Umar mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas perhatian Tim Kementerian PAN RB Republik Indonesia dan Jajaran dari GIZ ataupun Tranformasi untuk melakukan kunjungan kerja sekaligus bekerjasama dengan Provinsi Sumsel.

” Kunjungan kerja ini tentunya akan menjadi momentum dan memberikan makna yang sangat besar bagi kami dalam rangka melakukan percepatan pembangunan khususnya pembangunan JIPP untuk mempromosikan inovasi di tingkat daerah dalam rangka percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik di Daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumsel,” ungkapnya di sela lokakarya JIPP di Sumsel 2017 di Graha Bina Praja, Kamis (12/10).

Menurutnya, Pelayanan Publik di Provinsi Sumsel telah dilaksanakan dengan sebak baiknya baik mengacu pada Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah dengan prioritas, yaitu kreativitas, dan inovasi teknologi.

” Pelaksanaan Pelayanan Publik dilakukan dengan strategi mempromosikan dan memfasilitasi replikasi praktik baik dalam pemberian pelayanan publik. Innovative practices in public service delivery ini meningkatkan pertukaran pengetahuan antar Pemerintah Provinsi maupun kabupaten/kota,” tuturnya

Untuk kualitas pelayanan publik di Sumsel sendiri, diakui Nasrun tergolong terbaik, mengingat capaian prestasi yang berhasil diraih diantaranya, memperoleh penghargaan tahun 2014 “Inovasi Pelayanan Publik Terbaik Indonesia’ dan dikirim untuk kompetisi Internasional United Nation Public Services Award tahun 2015, yaitu pelayanan Serambi Difusi lptek di Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan.

“Lebih-lebih Sumsel memperoleh penghargaan tahun 2015 “Inovasi Pelayanan Publik Terbaik Indonesia”, yaitu Gerbang Serasan (gerakan pembangunan melalui pemberdayaan masyarakat di Bumi Serasan Sekundang) Pemerintah Kabupaten Muara Enim,” pungkasnya

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com