Olahraga & Otomotif

AFP Dan Aspov PSSI Sumsel Gelar Kursus Lisensi Pelatih Futsal Level 1 Nasional

Foto: Istimewa

SEBANYAK 28 peserta yang terdiri dari berbagai daerah ambil bagian kursus lisensi pelatih Futsal Level 1 Nasional di Palembang 18-21 Desember 2020.

Kegiatan yang diselenggarakan Sriwijaya Sport Science Indonesia yakni sebuah lembaga kelolahragaan yang bergerak di bidang sport management, sport course, dan sport consultant yang kehadirannya mampu berkolaborasi dalam peningkatan mutu SDM di bidang olahraga dalam bentuk kerjasama pelatihan, penelitian, workshop dan di suport AFP dan Asprov PSSI Sumsel.

Acara yang berlangsung di Hotel Majestic Palembang ini menghadirkan instruktur coach Andri Irawan, M.Pd yang juga mantan pelatih timnas futsal Indonesia serta dosen Kepelatihan di Faklutas Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta. Sementara Goal Keeper Coach Yos Adi Wicaksono yang bertindak sebagai instruktur pelatih kiper menambah pengalaman dan ilmu di bidang kepelatihan.

Ketua Pelaksana M Akmal Almy M.Or mengatakan penyelengaraan kegiatan ini merupakan langkah kongkrit dari lembaga Sriwijaya Sport Science Indonesia untuk meningkatkan SDM dibidang kepelatihan. Sebelumnya juga sudah pernah diselengarakan kursus Sport Massage dan Reposisi cidera dengan menghadirkan instruktur nasional Tomy Fondy.

“Seiring dengan pertumbuhan dan kemajuan teknologi khususnya di bidang olahraga. Kita berharap kedepannya agar lebih banyak lagi SDM yang berkualitas terutama dibidang ilmu kepelatihan,” ujar Akmal kepada wartawan.

Lebih lanjut pihaknya mengapresiasi AFP Sumsel, Asprov PSSI Sumsel dan FFI yang mensuport kegiatan kursus kepelatihan ini. “Tentunya dengan kegiatan ini akan banyak lagi pelatih Futsal yang berlisensi dan ini merupakan langkah nyata untuk menjawab tantangan sehingga ke depan akan lebih banyak lagi atlet-atlet Futsal yang akan menjadi cikal bakal pemain Futsal profesional di Palembang,” jelasnya.

“Kedepan jika kami masih diberi mandat kita akan mengadakan kegiatan yang jenjangnya lebih tinggi yakni Pelatih Futsal Level 1 AFC pada April 2021 mendatang,” tambah pelatih Fisik klub Muba Babel United ini.

Acara sendiri ditutup ditutup oleh Ketua Asprov PSSI Sumsel Ir. H. Ucok Hidayat didampingi Andri Irani, SH selaku exco bidang Futsal Asprov PSSI Sumsel beserta Wakil Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sumsel Warastho Asmoro Dewo.

Diakhir penutupan kursus kepelatihan Pelatih Level 1 Nasional. Ketua Asprov PSSI Sumsel Ir. H. Ucok Hidayat berharap para pelatih yang telah mengikuti pelatihan ini dapat memberikan sumbangsih nyata untuk perkembangan olahraga Futsal di Sumsel, apa lagi tahun depan Sumsel ditunjuk sebagai tuan rumah POPNAS dan pertama kalinya cabor futsal akan dipertandingkan. Selain itu tentunya akan ada muncul Reza Yamani baru atlet futsal profesional yang berkiprah di Liga Pro Futsal dan Timnas kelak.

“Diharapkan setelah memiliki lisensi kepelatihan, para pelatih ini bisa memberikan sumbangsih nyata untuk perkembangan olahraga futsal, baik itu dengan pembibitan dan pembinaan, tujuannya agar Indonesia tidak kekurangan bakat pemain dan pelatih futsal,” pungkasnya. [yip]

Comments

Terpopuler

To Top