Kesehatan

Terapi Cuci Hidung untuk Lawan COVID-19, Bagaimana Caranya?

satgas covid-19/foto : Ist

KEBERSIHAN rongga hidung juga berkontribusi pada upaya melawan penularan COVID-19, lho. Misalnya dengan melakukan Terapi Cuci Hidung, atau proses mengalirkan cairan isotonik dari satu lubang hidung dan kemudian dikeluarkan ke rongga hidung lainnya, sampai kedua rongga hidung bersih.

Terapi satu ini berguna untuk pasien COVID-19 yang memiliki gejala seperti hilangnya indera penciuman (anosmia), atau memiliki gejala pernapasan. Bahkan mampu membersihkan penumpukan lendir yang mengering.

Melakukan Terapi Cuci Hidung tidak susah, asalkan menggunakan cairan steril seperti cairan infus, lalu dengan hati-hati menggunakan spuit (suntikan tanpa jarum) untuk menyuntikkannya dalam salah satu rongga hidung hingga keluar lewat rongga yang satunya lagi.

Terapi ini dianjurkan dilakukan sebanyak 3x sehari di malam hari untuk orang dengan gangguan pernapasan bagian atas, atau cukup 1x sehari untuk membersihkan rongga hidung saat kondisi kesehatan bagus. Boleh untuk orang sakit atau sehat, berusia muda atau tua, lho!

Untuk informasi terkait COVID-19 kunjungi situs resmi Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional https://covid19.go.id/ dan https://s.id/infovaksin[***]

#IndonesiaBangkit #SEMUAWAJIBPAKAIMASKER

 

Comments

Terpopuler

To Top