Pemerintahan

Punya Binatang Peliharaan ! USG Hewan Ada di RS Ini

Foto : faldy

Sumselterkini.co.id, Palembang Tes Ultrasonografi (USG) adalah rangkaian dari teknik yang biasa digunakan ahli medis pada wanita hamil untuk mencitrakan sedikit tentang bentuk dan ukuran bayi yang sedang dikandung. Biasanya tes USG diterapkan pada wanita yang sedang mengandung, tapi bagaimana dengan hewan yang sedang hamil?, Pasti kebanyakan dari kalian belum tahu seperti apa janin bayi hewan  setelah melakukan tes USG.

Untuk warga Sumatera Selatan (Sumsel) khususnya pencinta hewan, sekarang sudah bisa melihat kondisi janin dari hewan kesayangan, karena Rumah Sakit Hewan (RSH) di Jalan Pertenakan I Palembang, sudah menyediakan fasilitas itu.

“Ada USG untuk kehamilan hewan, Peralatan operasi lengkap baik mayor maupun minor, alat deteksi detak jantung dan kesehatan gigi,” ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Taufik Gunawan, disela peresmian RSH Sumsel di Jalan Peternakan Palembang, Kamis (14/3/19).

Meski sejumlah fasilitas di RSH Sumsel sudah lengkap, lanjut Taufik, untuk tenaga medis masih belum terlalu banyak, yakni tenaga ahli RSH punya 4 orang dokter hewan dan paramedis 2 orang, namun jumlah tenaga medis akan dilakukan penambahan, setelah melihat animo masyarakat semakin tinggi jumlah kunjungan maka akan ada penambahan tenaga medis juga.

“Nanti akan kita evaluasi tergantung animo masyarakat, selain itu kami juga membuka layanan pemeriksaan hewan kerumah-rumah. Jadi bukan cuma disini saja, kan hewannya pasti ada yang berukuran besar jadi tak mungkin dibawa kesini, maka kiya minta para dokter yang kelapangan,”urainya.

Sementara itu, Orang nomor satu di Sumsel, Herman Deru menegaskan, inilah bentuk perhatian Pemprov Sumsel kepada hewan langka, dan kepada organisasi pecinta hewan, mengoperasikan Rumah Sakit Hewan (RSH) Sumsel sudah dibangun sejak 2016 lalu.

“Saya juga mau membicarakan dengan Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri), terkait pengadaan Fakultas Kedokteran Hewan jangan cuma di Bogor saja yang dapat,” terangnya.[**]

 

Penulis : Faldy

Comments

Terpopuler

To Top