Kebijakan

Muba Targetkan Kanal Selesai Sebelum Musim Kemarau

Foto : istimewa

KABUPATEN Musibanyuasin [Muba] menargetkan kanal air selesai dibangun guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan [karhutla].

Hal tersebut diungkapkan Bupati Muba Dodi Reza Alex saat menghadiri rapat rapat koordinasi nasional (rakornas) tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun 2020 dipimpin Joko Widodo [Jokowi] di Istana Negara, Jakarta, kemarin.

Menurutnya sesuai arahan presiden agar kepala daerah mendeteksi kemungkinan-kemungkinan, jika ada hotspot baru titik api, kemudian penataan ekosistem khususnya kawasan hidrologi gambut.

Selain itu juga, kata dia,  Presiden mengintruksikan agar mengaktifkan infrastruktur sampai ke tingkat desa untuk memastikan bahwa tidak ada api yang timbul, begitu ada langsung dipadamkan jangan sampai membesar.

Terakhir untuk terus membangun infrastruktur seperti embung, sekat kanal serta infrastruktur yang mempermudah dalam memadamkan api sampai ke daerah-daerah dengan anggaran khusus,”bebernya.

Dodi mengatakan Muba melalui BPBD mulai dari sekarang walaupun masih musim penghujan, tapi harus siaga dari sekarang dan mempersiapkan infrastrukturnya.

“Seperti pembangunan sekat kanal atau sodetan sudah harus disiapkan dari sekarang dan dipastikan pembangunan selesai sebelum masuk musim kemarau tiba,”paparnya.

Bahkan sarana dan prasarananya harus dipersiapkan dari sekarang, sehingga Muba tetap Muba Siaga Bencana.[***]

Penulis : ril

 

Comments

Terpopuler

To Top