Kebijakan

Duh, Capai 1.400 Ton per Hari, Wawako Palembang : Seluruh Kelurahan Wajib Olah Sampah

foto : Humas Pemkot Palembang

PENGELOLAAN sampah yang menjadi fokus utama Pemerintah kota Palembang saat ini ternyata menjadi target dalam memperoleh piala Adipura tahun 2020 mendatang.

Namun dibalik target tersebut tentunya ada beberapa hal yang harus dibenahi mulai dari armada yang ada serta kesiapan per kecamatan dalam mengelolah sampah yang ada di wilayah setempat.

Hal ini dibenarkan Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda, bahwa Pemkot sendiri merencanakan untuk melakukan pengembangan pengelolaan sampah sampah di per Kelurahan agar disediakan pembuangan sampah terpadu.

Menurutnya sampah yang ada disetiap kelurahan bisa ditempat wilayah masing-masing mengingat beban sampah sudah mencapai 1.400 ton per hari, apalagi pasca lebaran ini diperkirakan sampah membludak jauh sekali.

“Ya tentu saja ini harus kita lakukan percepatan  sehingga masyarakat nanti bisa membuang sampah di tempatnya. Memang sudah kita siapkan dan kalau sudah sampai di sana langsung dikelola bisa langsung dicacah menjadi biji plastik bisa dijadikan minyak premium solar maupun minyak, ” katanya, saat memimpin rapat pengelolaan sampah di kantor Wali kota, Rabu (13/6/2019) .

Lanjutnya, jadi metode ini saya rasa adalah cukup pas untuk agar masyarakat bisa mengelola sampah dengan baik. Insya Allah ini berguna menghindari pencemaran udara, secepatnya proses ini akan kita jalankan mengenai mekanismenya sedang kita persiapkan bahkan ada tahapan-tahapan.

“Jika tempat pembuangan sampah tersebut berjalan dengan lancar, maka masyarakat tidak perlu heran jika sampah tersebut langsung dikelolah dan sampah tidak perlu menumpuk langsung diproses melalui pemilahan dan pencacahan  sesuai dengan fungsinya masing-masing. Selain itu juga kan ada lahan milik Pemerintah Provinsi, ini juga akan kita koordinasikan agar bisa diberikan agar bisa dikelolah dengan baik sebagai tempat pembuangan sampah terpadu, “tutupnya.[**]

Penulis : One

 

Comments

Terpopuler

To Top