Nasional

Pasca Pandemi, Ekonomi Islam Lokomotif Bantu Pemulihan Ekonomi Global

Foto : Kominfo RI

EKONOMI Islam dapat menjadi lokomotif dalam membantu pemulihan ekonomi global,” tutur Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pada acara Peresmian Pembukaan The 9thWorld Zakat Forum International Conference 2020 melalui konferensi video di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, kemarin.

Ekonomi Islam yang berbasis syariah cenderung lebih memiliki kemampuan menyesuaikan dalam menghadapi berbagai krisis.

Menurut laporan dari State of the Global Islamic Economy Report 2020/2021, pertumbuhan ekonomi dunia pada masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di tahun 2020 diperkirakan mengalami kontraksi 5.2 persen, sedangkan ekonomi Islam global hanya mengalami kontraksi 2.5 persen. Oleh karena itu, Forum Zakat Dunia, memiliki peran strategis dalam memperkuat ekonomi Islam dalam membantu pemulihan ekonomi global pasca pandemi, salah satunya melalui pemanfaatan pembiayaan alternatif .

“Saya memandang bahwa peran Forum Zakat Dunia untuk turut memperkuat ekonomi Islam juga sangat diperlukan, terutama dalam mendorong pemanfaatan sumber-sumber pembiayaan alternatif untuk membantu memberikan modal kerja bagi pelaku usaha yang siap melakukan pemulihan pasca pandemi Covid-19, tambah  Wapres mengutip laman Kominfo RI, Selasa [2/12/2020].

Dalam konferensi yang mengangkat tema “Peran Forum Zakat Dunia dalam Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19” ini Wapres juga menyampaikan, sebagai sebuah forum yang mewadahi lebih dari 33 lembaga-lembaga zakat yang ada di seluruh dunia, Forum Zakat Dunia dituntut untuk melakukan peningkatan pelayanannya.[***]

 

One

 

Comments

Terpopuler

To Top