Inspirasi

Ada ‘Gembok Cinta’ Dipasang di Jembatan Selfi Sungai Bendung

Foto : istimewa

WALIKOTA Palembang H. Harnojoyo memasang ‘Gembok Cinta’ di Jembatan Selfi Sungai Bendung di Jalan Veteran, Kelurahan 9 Ilir.

“Gembok Cinta artinya, sebagai pelambang cinta terhadap kebersihan sungai,”kata Walkot saat meresmikan Jembatan tersebut, kemarin.

Pembangunan jembatan ini merupakan bagian dari program BRI Peduli Konservasi Sungai Bendung. Ini merupakan rangkaian peringatan HUT ke-100 Bank Rakyat Indonesia.

Ia menjelaskan, setiap minggu Pemerintah Kota Palembang bersama masyarakat secara serentak membersihkan sungai dan anak sungai. Menurutnya, jatidiri Kota Palembang dimulai dari sungai.

“Saat ini di Palembang tinggal 114 anak sungai. Padahal sebelum kemerdekaan terdapat 371 anak sungai di Palembang,” katanya.

Untuk menjaga kelestarian sungai harus dimulai dari kesadaran bersama. Untuk mengembalikan fungsi sungai dan anak sungai diperlukan restorasi yang membutuhkan biaya tidak sedikit.

“Dana itu tidak diperlukan bila perilaku masyarakat telah lebih baik terhadap sungai. Ayo mari kita mulai peduli dengan sungai untuk warisan anak cucu kita. Jangan lagi kita membuang sampah, mulailah kita kelola,” tutupnya.

Jembatan Selfi ini diharapkan menjadi perwujudan komitmen warga sekitar jembatan untuk menjaga kebersihan sungai khususnya Sungai Bendung.

Pemimpin Wilayah BRI Palembang I Wayan Nasta menjelaskan, visi Palembang Emas Darussalam 2023 harus melibatkan andil seluruh pihak khususnya dalam menjaga kebersihan lingkungan. Melalui Gerakan BRI Peduli, pihaknya ingin ikut andil untuk mewujudkan visi Palembang Emas Darussalam tersebut.

“Kami melakukan konservasi sungai sepanjang 1,8 km. Perwujudan konservasi tersebut salah satunya dengan membangun ‘jembatan selfi’ di Kelurahan 9 Ilir,” ujarnya.[***]

Penulis : ril

 

Comments

Terpopuler

To Top