Infrastruktur & Transportasi

Mimpi Warga Kecamatan Jirak Jaya Jadi Kenyataan

Foto : Humas Muba

Jirak Jaya, Muba –  Raut wajah bahagia tampak jelas dari puluhan ribu warga Kecamatan Jirak Jaya Kabupaten Musi Banyuasin, Kamis (4/4/2019).

Betapa tidak sudah puluhan tahun mereka terisolir, karena tak memiliki akses jalan yang mulus dan beraspal. Pendek kata mereka hanya mengandalkan akses jalan dengan sulit dilalui dan becek ketika musim hujan turun.

Kini akhirnya Kecamatan yang baru pemekaran dan memisah dari Kecamatan Sungai Keruh ini bisa menikmati jalan aspal mulus di sepanjang jalan 59.95 km.

“Setelah puluhan tahun berkutat dengan jalan berlumpur dan tidak bisa beraktifitas ketika musim hujan akhirnya kami bisa menikmati jalan mulus, terima kasih pak Bupati Dodi Reza kini kami tidak terisolir lagi,” ungkap Asman (39) Warga Desa Talang Simpang Kecamatan Jirak Jaya di sela Peresmian Pembangunan Jalan Kecamatan Jirak Jaya oleh Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin.

Senada dikatakan Ismiyanti (42), Ibu Rumah Tangga ini menuturkan, dirinya bersama keluarga akhirnya bisa melihat jalan aspal hitam yang bagus dan mulus di Jirak Jaya. “Kami sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dengan pak Bupati Dodi Reza,” tuturnya.

Camat Jirak Jaya, Nen Fadli mengatakan saat ini tercatat ada sebanyak 20.500 penduduk dari beberapa desa dan selama ini kondisi jalan sangat rusak parah dengan medan berlumpur.

“Dengan selesainya perbaikan ini Alhamdulillah warga bisa menikmati jalan mulus yang berkualitas,” ungkapnya.

Menurutnya, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin sangat fokus membangun infrastruktur di daerah-daerah pelosok. “Ya, khususnya di Jirak Jaya ini, pak Bupati sudah membangun jalan kami dan akhirnya kami warga disini bisa beraktifitas dengan lancar,” ujarnya.

Peningkatan Jalan Kecamatan Jirak Jaya ini menggunakan dana dari pihak PT SMI yang merupakan perusahaan BUMN ini Tercatat, untuk pembangunan jalan di sepanjang 59.95 kilometer ini menelan dana sebesar  lebih kuran Rp1,9  miliar yang dikerjakan pihak ke tiga yakni PT Conbloc Infratecno yang dikerjakan selama 240 hari atau delapan bulan yang dimulai pada Mei 2018 silam.

Dodi menyebutkan peningkatan jalan Jirak Jaya ini merupakan salah satu bagian visi dan misi Kabupaten Muba untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur serta kesejahteraan warga di pelosok-pelosok.

“Ini juga bagian dari mewujudkan realisasi pembangunan golden triangle atau segitiga emas yang menghubungkan antar Kecamatan dalam kabupaten Musi Banyuasin sebagai poros jalan untuk memudahkan warga muba mengangkut hasil perkebunan dan pertanian dan sekaligus sebagai upaya peningkatan ekonomi warga,” ulasnya.

Dia meminta kepada seluruh  pihak perusahaan yang menggunakan jalan ini  mentaati peraturan pergunanakan jalan sesuai aturan jangan melebihi tonase maksimal sesuai kekuatan jalan dapat dilalui maximal 8 ton saya harapkan kerja samanya dan warga dapat mengawasi bersama.

“Kalau ada perusahaan yang tetap membandel dan tidak menjaga jalan ini, saya akan tutup akses jalannya dan tidak bisa lewat lagi,” tegasnya.

Plt Kepala Dinas PUPR Muba, Herman Mayori mengatakan Paket Peningkatan jalan yakni berada di Tebing Bulang Km 11 – Jirak (Jirak-Talang Mandung dan Jirak – Layan – Bangkit Jaya). Jembatan Gantung- Talang Simpang – Sp.Rukun Rahayu -Mekar Jaya.

“Pada pembangunan ini juga menggunakan aspal campuran karet dengan metode chip aspal karet RARX dan menyerap langsung karet petani rakyat ,” terangnya.

Terpisah, Direktur Utama PT Conbloc Infratecno, Pino Iskandar mengatakan, setelah selesai pembangunan jalan ini pihaknya akan melakukan masa pemeliharaan jalan selama 720 hari atau selama dua tahun.

“Kami juga minta dengan warga dan pihak perusahaan sekitar bersama-sama menjaga kondisi jalan dengan tidak memarkirkan kendaraan dengan tonase besar di bahu jalan,” pungkasnya.[**]

 

Penulis ; one

 

 

Comments

Terpopuler

To Top