Industri

LUX Dukung Atlet Wanita & Menantang Media Olahraga “Mengubah Sudut”

Media OutReach/foto :ist

Sumselterkini.co.id, –  Merek kecantikan global Unilever, LUX, sekali lagi menggalang orang untuk menentang seksisme sehari-hari. Kali ini menyerukan objektifikasi tubuh wanita dalam olahraga, menyoroti bagaimana media memusatkan perhatian pada area tubuh intim wanita daripada fokus pada kehebatan olahraga mereka.

 

Pada turnamen Bola Voli Pantai Wanita Durban Terbuka yang sangat ditunggu-tunggu di Afrika Selatan minggu ini, atlet wanita menggunakan kode QR tepat di area yang cenderung menjadi fokus kamera. Setelah pemindaian, ‘pemirsa’ ini diarahkan ke film pendek – ‘Hei Kamera’, yang meminta orang-orang di belakang kamera untuk mengakhiri objektifikasi wanita yang terang-terangan dan, sebaliknya, fokus pada kekuatan mereka.

 

Menghidupkan kampanye ini, LUX bermitra dengan salah satu penyiar terkemuka Afrika Selatan, Perusahaan Penyiaran Afrika Selatan, SABC Sport, yang memiliki 19,7 juta penonton di Afrika Selatan untuk menyiarkan langsung acara tersebut pada tanggal 15 dan 16 April.

 

Kampanye #ChangeTheAngle LUX bertujuan agar penyiar dan fotografer mempertimbangkan kembali penggambaran wanita dalam olahraga. Kampanye terintegrasi juga telah ditarik melalui saluran online, sosial, dan PR dengan ribuan konten yang dihasilkan melalui influencer, selebritas, atlet, dan media seperti Gsport4girls, kastor medali emas Olimpiade 2 kali, Caster Semenya, komentator kriket Kass Naidoo, Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi.

 

LUX memahami kebutuhan untuk menghentikan objektifikasi perempuan karena dapat mengarah pada bentuk seksisme yang lebih serius. Menurut penelitiannya, wanita 10 kali lebih mungkin untuk dijadikan objek daripada pria. Sementara objektifikasi ini tersebar luas di masyarakat, merek tersebut melihat bahwa olahraga adalah contoh yang sempurna dan menarik perhatian untuk menyuarakan hal ini. Pria dalam olahraga sering digambarkan sebagai panutan yang kuat yang berada di puncak permainan mereka. Sebaliknya, bagian tubuh wanitalah yang paling banyak mendapat perhatian, dengan kamera memperbesar payudara atau bokong mereka yang terbuka.

 

LUX percaya objektifikasi ini dapat mengurangi prestasi wanita dan juga merusak kepercayaan diri. Kampanye #ChangeTheAngle bertujuan untuk menciptakan rasa urgensi di antara orang-orang untuk menyebutkan perilaku yang semakin tidak dapat diterima secara real time dan menekan penyiar untuk mengubah pandangan kamera dengan membagikan 6 pedoman yang harus mereka patuhi saat merekam wanita dalam olahraga.

 

“Wanita dalam olahraga 10 kali lebih mungkin diobjekkan oleh sudut kamera yang berfokus pada bagian tubuh tertentu dibandingkan rekan pria mereka. Ketika kami mengetahui bahwa ini juga menjadi masalah bagi atlet wanita papan atas yang telah mencapai hal-hal luar biasa, kami tahu kami harus bertindak,” Severine Vauleon, Global Brand Vice President LUX berkata, “Hal ini tidak hanya merendahkan performa dan prestasi profesional atlet wanita, tetapi juga melanggengkan masalah objektifikasi yang dihadapi banyak wanita setiap hari. Di LUX, kami percaya bahwa kecantikan harus menjadi sumber kekuatan, dan fokusnya harus merayakan keindahan kekuatan, keterampilan, dan prestasi mereka dalam olahraga.”

 

“Ini adalah langkah yang berani dan kuat untuk diambil oleh merek kecantikan seperti LUX, dan ini membuat saya semakin bangga menjadi bagian dari keluarga LUX. Saya berharap melihat perubahan yang kita butuhkan dalam persaudaraan olahraga agar atlet wanita dirayakan karena bakat luar biasa yang mereka miliki daripada dijadikan objek secara seksual. Saya mendorong semua orang untuk melakukan apa yang mereka bisa untuk berpartisipasi dan mendorong media di Afrika Selatan dan di seluruh dunia untuk #Change the Angle” Kata Zozibini Tunzi mantan Miss Universe .

 

“Inisiatif ini adalah bagian dari misi Positive Beauty kami, yang merupakan inti dari kategori Kecantikan, Kesehatan, dan Perawatan Pribadi kami, memperjuangkan komitmen dan tindakan progresif untuk merek kami menuju era baru kecantikan yang adil dan inklusif. LUX adalah salah satu dari Merek warisan paling ikonik di Afrika Selatan yang mewakili wanita, menghasilkan suara sepenuh hati untuk menantang stereotip dengan mendukung wanita dalam berbagai aspek kehidupan mereka. Kecantikan wanita meliputi kekuatan, kemampuan, dan bakatnya. LUX #ChangeTheAngle”, memperkuat suara wanita dalam olahraga dan kekuatan mereka di lapangan atau di lapangan.” – Sphelele Mjadu Unilever Senior PR Lead for Africa, Kecantikan, Kesejahteraan & Perawatan Pribadi.

 

Hinoti Joshi, Pemimpin Bisnis Global, dari Wunderman Thompson, Singapura, yang mempelopori kampanye tersebut mengatakan, “Media dan penyiar memiliki kekuatan untuk mengubah penggambaran seksis perempuan. Kami secara aktif memanggil mereka agar mereka dapat mengenali kekurangan dalam hal ini. praktik kuno dan menjadi agen perubahan untuk mengakhiri seksisme sehari-hari.”[***]

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com