Industri Kreatif & UKM

Luar Biasa, Siswa SMA Ini Peroleh Uang Jajan dari YouTube Rp 20 Juta

Semula banyak yang menentang dan mengejek meski akhirnya mereka setuju dan mendukung.

foto : ilustrasi

SUMSELTERKINI.ID, Surabaya – Getol mengunggah video game di Media Sosial, Siswa SMK Dr Soetomo Surabaya Muhammad Aditya Syahbannur Rakhman (17) mendapatkan gaji Rp20 juta per bulan dari YouTube.

Adit saat ditemui di sekolahnya, Selasa mengatakan, awalnya dia iseng mengunggah rekaman video game yang dia mainkan ke YouTube. Hobinya adalah permainan “mine craft” dan beberapa permainan yang kini sedang hit di Android.
“Waktu itu baru kelas X SMK. Saya mulai menggali informasi seputar YouTube dan membuat chanel sendiri,” kata dia melansir Antara.

Dari unggahan itu, di tahun pertama aktif Adit mendapat penghasilan sekitar Rp1 juta per bulan. Naik ke kelas X, Adit berhasil menambah penghasilannya hingga Rp5 juta per bulan. Setelah duduk di kelas XII, pendapatannya dari YouTube sudah mencapai Rp20 juta per bulan.

“Bulan ini baru saja nyairkan dari YouTube USD1.800. Itu sekitar Rp21 juta. Ya lumayan buat uang jajan” kata dia.

Dia mengungkapkan, dalam sekali mengunggah video, penonton yang menyaksikan bisa mencapai 100 ribu dalam waktu sehari. Saat ini, total subscriber yang dimilikinya telah mencapai 400 ribu untuk sekitar 400 video yang sudah dia unggah.

Untuk menarik penonton sebanyak itu, peraih gelar Silver Play Button itu mengaku seseorang harus memiliki karakter khas. Dia bukan termasuk yang suka mengambil video milik orang lain kemudian diunggah lagi ke YouTube. Dia merekam dan mengedit sendiri video yang dia buat.

Adit mengatakan, hasil seperti itu tidak dia dapatkan dengan mudah. Semula banyak yang menentang dan mengejek meski akhirnya mereka setuju dan mendukung. Bahkan waktu untuk tidur harus rela dia undur demi menyelesaikan pekerjaanya sebagai kreator Yo

 

Comments

Terpopuler

To Top