Ekonomi

Survei Atradius ungkap dunia usaha di Asia tingkatkan manajemen risiko kredit di tengah optimisme pertumbuhan di masa depan

ist

Sumselterkini.co.id, HONG KONG SAR – Media OutReach – 25 Oktober 2023 – Meskipun perdagangan global diperkirakan akan meningkat sedikit di atas 2% pada tahun 2024, laju pertumbuhan di Asia diperkirakan akan tetap lemah dan mungkin tidak sekuat sebelumnya bertahun-tahun. Faktor utama yang menghambat pertumbuhan adalah kinerja ekspor yang masih buruk, yang kemungkinan akan terus berlanjut dalam jangka pendek karena lemahnya permintaan dari pasar ekspor utama Asia, seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa, dan berpotensi melemahkan perekonomian dalam negeri. ketahanan yang ditunjukkan oleh perekonomian Asia pada tahun ini.

 

Salah satu ilustrasinya adalah penurunan keseluruhan perdagangan B2B bisnis Asia secara kredit sebesar 6% selama setahun terakhir dengan variasi di pasar yang berbeda. Taiwan dan Singapura mengalami penurunan yang signifikan, sementara Tiongkok dan Vietnam mengalami peningkatan penjualan B2B secara kredit.

 

Namun, seiring dengan visi perusahaan-perusahaan Asia ke depan, optimisme mereka terhadap prospek pertumbuhan mereka menjadi jelas, sebagaimana dibuktikan oleh temuan survei kami terhadap perusahaan-perusahaan yang disurvei di Tiongkok, Hong Kong, india, India, Jepang, Singapura, Taiwan, dan Vietnam pada tahun 2023. survei Atradius Payment Practices Barometer untuk Asia. Survei kami mengungkapkan bahwa 70% perusahaan di Asia memperkirakan permintaan terhadap produk dan layanan mereka akan meningkat dalam beberapa bulan mendatang.

 

Selain mengungkapkan optimisme terhadap pertumbuhan bisnis di masa depan, survei kami mengungkapkan komitmen kuat di antara perusahaan-perusahaan yang disurvei di Asia untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh memburuknya praktik pembayaran business-to-business (B2B), yang mencerminkan kerentanan yang mempengaruhi perekonomian global dan pasar.

 

Meskipun lanskapnya berbeda-beda di setiap pasar, kesamaannya adalah besarnya perhatian dunia usaha di Asia terhadap upaya mempertahankan arus kas dan likuiditas yang kuat. Langkah-langkah yang kuat untuk memitigasi risiko arus kas sudah terlihat di berbagai negara Asia, terutama di Tiongkok, Jepang, dan India.

 

Lebih dari 50% perusahaan di kawasan ini mengatakan kepada kami bahwa mereka meningkatkan upaya untuk menagih tagihan B2B yang telah jatuh tempo selama 12 bulan terakhir, sebuah kebijakan yang dilengkapi dengan taktik manajemen risiko kredit khusus di setiap pasar. Upaya-upaya ini memberikan dampak positif, dengan keterlambatan pembayaran di seluruh Asia yang menurun sebesar 12% selama setahun terakhir, dan kini berdampak pada 44% dari seluruh penjualan faktur B2B. Hutang macet juga sedikit menurun, mencapai 5% dari seluruh penjualan faktur B2B.

 

Perusahaan-perusahaan di Vietnam, Singapura dan Tiongkok melaporkan keberhasilan dalam memitigasi dampak keterlambatan pembayaran. Survei ini menggarisbawahi kemampuan beradaptasi perusahaan-perusahaan di Asia dalam gejolak ekonomi saat ini, dan menekankan pentingnya penilaian risiko menyeluruh ketika melakukan perdagangan kredit dengan pelanggan B2B.

 

Andreas Tesch, Chief Market Officer, Atradius menyatakan, “Pendekatan fleksibel terhadap manajemen kredit yang ditunjukkan oleh bisnis di Asia, yang melibatkan asuransi kredit perdagangan untuk 47% perusahaan yang disurvei, sangat relevan karena memungkinkan mereka meraih peluang di pasar yang sedang berkembang sambil menjaga terhadap potensi risiko terkait kredit dalam aktivitas perdagangan B2B. Kemampuan mereka untuk mengintegrasikan asuransi kredit perdagangan ke dalam kerangka manajemen risiko menunjukkan ketahanan dan pendekatan mereka yang berpikiran maju terhadap operasi bisnis dan mitigasi risiko arus kas.”[***]

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com