Agribisnis

Dewan Kopi Sumsel Bentuk Koperasi

dewan-kopi-sumatera-selatan

Dewan Kopi (Dekopi) Sumsel yang baru dibentuk baru-baru ini mulai bergerak cepat. Kali ini Dekopi Sumsel membentuk Koperasi anggota yang diberi nama Koperasi Dekopi Sumsel Bersatu.

Foto: Dekopi Sumsel

SUMSELTERKINI. ID, Palembang – Dewan Kopi  Sumsel (DKS) yang baru dibentuk baru-baru ini mulai bergerak cepat. Kali ini Dewan kopi membentuk koperasi anggota yang diberi nama Koperasi Dekopi Sumsel Bersatu.

Ketua DKS, Zain Ismed menjelaskan, pembentukan koperasi tersebut sebagai bentuk keseriusan Dewan kopi Sumsel sebagai wadah bagi petani –petani kopi di Sumsel guna mempromosikan kopi Sumsel untuk menjadi tuan rumah di daerah sendiri maupun keluar mancanegara maupun domestic.

“Itu komitmen Dewan Kopi Sumsel untuk mengangkat Kopi Sumsel, baik masalah hulu dan hilirnya,”ungkapnya dalam rapat di Gedung Dinas Perkebunan Prov. Sumsel, belum lama ini.

Dengan adanya koperasi ini akan menguatkan nilai tawar Kelompok Tani di hadapan bank, karena jika tanpa koperasi yang memiliki badan hukum, petani kesulitan mendapatkan pinjaman untuk usaha perkebunan kopi mereka.

Alasan lainnya, menghindarkan petani dari jeratan tengkulak yang kerap memberatkan petani. Alih-alih mendapat keuntungan dari kebun kopi, para petani malah rugi akibat ulah pengijon.

Dengan kata lain, dua alasan utama pembentukan koperasi adalah menjadi penghubung dan pemutus sekaligus.

“Penghubung antara petani dengan bank sebagai pihak yang memberi pinjaman dan pemutus hubungan tak sehat antara petani dan tengkulak,”ulasnya.

Sejauh ini, kedua fungsi tersebut bisa berjalan dengan baik, pinjaman dari bank lebih mudah didapat dan kerugian akibat ulah tengkulak bisa dihindari.[one]

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com