Digital Ekonomi

Bekraf Ajak Musisi Manfaatkan Teknologi Blockchain untuk Rasakan Royalti

foto : ilustrasi

SUMSELTERKINI.ID, Jakarta  – Banyak musisi Indonesia saat ini belum sepenuhnya merasakan royalti yang menjadi hak atas sumber pendapatan. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mencoba memanfaatkan teknologi blockchain untuk mengatasi masalah tersebut.

“Kita punya suatu sistem yang transparan untuk meningkatkan kesejahteraan pencipta lagu,” ujar Kepala Bekraf Triawan Munaf dalam konferensi pers peluncuran XBlockchain Summit di Go-Work Coworking Space, Jakarta, melansir Warta Ekonomi.co.id, Rabu (30/5/2018).

Bekraf, lanjut Triawan, tidak hanya menunjukkan keseriusan dalam mengembangkan teknologi Blockchain, tetapi menunjukan bukti nyata untuk musik di Indonesia.

“Pendekatannya untuk menyeselaikan permasalahan hak cipta,” imbuhnya.

Ia menjelaskan penerapan tersebut nantinya masuk ke dalam aplikasi ponsel pintar. Bekraf pun juga menggandeng beberapa stakeholder atau pemangku kepentingan termasuk Kementerian Hukum dan HAM.

“Ini tidak hanya untuk lagu-lagu pop saja. Semua pencipta lagu-lagu daerah juga,” terangnya.

Ia menilai penetrasi penggunaan teknologi blockchain di Tanah Air dinilai masih minim. Padahal, bila pelaku ekonomi digital bisa mengadopsinya secara cepat akan berpengaruh dalam semua sektor. Oleh karena itu, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menaruh perhatian khusus atas hal tersebut.

“Kalau kita cepat mengadopsi, ini bukan hanya saja sebagai user atau pemakai, kita juga menjadi pencipta untuk berbagai aplikasi dari blockchain ini,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Triawan juga mendukung XBlockchain Summit yang digelar di Bali pada 9-10 Oktober 2018.

“Melalui event ini bisa meningkatkan pemahaman kita tentang sebuah teknologi yang tidak dapat dihindari keberadaannya. Dan kalau kita tidak mengadopsi keberadaannya atau lamban mengadopsinya kita akan tertinggal,” tuturnya.

Triawan menambahkan, Bekraf selalu terbuka untuk mengeksplorasi cara-cara baru supaya memperlancar fungsi koordinasi dengan para pelaku ekonomi kreatif.

“Negara kepulauan seperti Indonesia pasti akan mendapatkan manfaat yang ada dari setiap pertukaran ide dan insiatif dalam XBlockchain Summit,” pungkasnya.[WE]

 

 

Comments

Terpopuler

To Top