Peristiwa

Ketika Paslon Pilkada di Sumsel Ikuti Tes Kesehatan

Jika dinyatakan tidak lulus di salah satu dari tiga rangkaian test ini, maka paslon tidak dapat melanjutkan langkah berikutnya.

Foto : tam

SUMSELTERKINI.ID, Palembang – 39 Pasangan Calon (Paslon) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 di Sumsel mengikuti tes kesehatan di RS. Muhammad Husein (RSMH) Palembang.

Dalam tes tersebut juga melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia).
Ada tiga rangkaian tes kesehatan yang diikuti para paslon tersebut, antara lain tes psikologi, tes narkoba dan tes medis. Namun untuk hari, Kamis (11/1/2018) dilangsungkan dua tes saja, yakni tes psikologi dan test narkoba.

“Tiga rangkaian test inilah yang akan menentukan lanjut tidaknya paslon ketahap selanjutnya. Jika dinyatakan tidak lulus di salah satu dari tiga rangkaian test ini, maka paslon tidak dapat melanjutkan langkah berikutnya,” ungkap Ketua KPU Sumsel, Aspahani.

Rangkaian test ini, lanjutnya melibatkan 30 dokter spesialis, diantaranya spesialis penyakit dalam, THT, Jantung, mata, gigi, syaraf dan spesialis lainnya. Hasil pemeriksaan dokter ini bersifat final yang artinya mutlak tanpa pembanding.

Salah satu paslon Pilwalkot Palembang, Harnojoyo-Fitrianti Agustina telah menjalani test selama 5 jam sejak pukul 7.00 WIB.

“Tidak ada persiapan khusus yang kami lakukan, hanya butuh istirahat dan menjaga kondisi fisik saja serta banyak berdoa agar semua jalan dimudahkan dilancarkan” ujar Finda.

Ada 10 daerah di Sumsel yang ikut pemilihan kepala daerah, yakni meliputi pemilihan Gubernur Sumsel, Pilwalkot Palembang, Pilwalkot Pagar Alam, Pilwalkot Prabumulih, Pilwalkot Lubuk Linggau, Pilbup Banyuasin, Pilbup Empat Lawang, Pilbup Muaraenim, Pilbup Lahat, dan Pilbup Ogan Komering Ilir.

 

Comments

Terpopuler

To Top