Agribisnis

Siagakan PPL Pertanian di Setiap Desa, Banyuasin Siap Antisipasi La Nina & Percepat Musim Tanam 1

foto : Istimewa

PEMKAB Banyuasin mensiagakan PPL Pertanian disetiap desa, guna mengantisipasi La Nina serta mempercepat musim tanam [MT] 1.

Bupati Banyuasin, H.Askolani,SH,MH dalam paparannya menyebutkan Banyuasin dengan luas baku sawah 184.590 Ha. Sementara sawah lebak sedang musim panen seluas 25.630 Ha dan sawah pasang surut akan selesai tanam pada November serta Desember 2020 seluas 148.168 Ha.

“PPL sudah kami sebar disetiap desa, diharapkan PPL Pertanian dapat mengontrol dan memberikan solusi setiap gejala La Nina yang terjadi, dengan berkoordinasi dengan dinas terkait” ujarnya dalam Rapat Koordinasi Bupati se-Indonesia dengan Menteri Pertanian Republik Indonesia (RI) dalam momen Persiapan Tanam Padi Pasang Surut Reguler MT-1 Oktober Maret (Okmar) dan Brigade La Nina (Persiapan menghadapi perubahan iklim ekstrim basa, banjir dan angin puting beliung) melalui video conference yang diselenggarakan di Desa Lubuk Lancang, Kecamatan Suak Tapeh, kemarin.

Disamping itu juga kata Bupati sudah mempersiapkan lahan cadangan seluas kurang lebih 30.000 Ha. Untuk luas lahan yang akan ditanam seluas 134 Ha dari hamparan seluas 1.030 Ha di Desa Lubuk Lancang Kecamatan Suak Tapeh.

“Banyuasin sudah siap untuk percepatan Tanam MT 1 berupa Padi dan Jagung yang di tanam pada Oktober 2020, diperkirakan panen pada Maret 2021,”tambahnya.

Menurutnya Banyuasin memaksimalkan sebaik mungkin dengan mengadakan MoU dengan Universitas Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Sriwijaya (UNSRI) dan juga menjalankan program 1 Penyuluh 1 Desa.

Kepala Dinas Pertanian Banyuasin Zainuddin menambahkan  Banyuasin rencananya memperisapkan Lahan Food Estate 2021 dengan luas lahan 67.836 Ha, dan kana disebar dibeberapa titik kecamatan.

Untuk mendukung program Food Estate tersebu, pemkab menyiapkan anggaran atau APBD untuk pembenihan atau penangkaran benih, ALSIN, penyediaan pestisida dan Kegiatan Pendampingan.[***]

amd

 

Comments

Terpopuler

To Top