Agribisnis

OKI Optimistis Program SERASI Sumbang Lumbung Pangan Sumsel

Foto : Istimewa

BUPATI Ogan Komering Ilir [OKI] Iskandar optimistis dengan adanya program SERASI di OKI dapat meningkatkan produksi padi petani di Wilayah, dan OKI mampu memberikan kontribusi untuk Sumse sebagai lumbung pangan di masa datang.

Optimistis itu diungkapkannya setelah menemani Mentan RI Amran Sulaiman dan Gubernur Sumsel Herman Deru meninjau lokasi pertanian di Desa Tanjung Aur, Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), beberapa pekan lalu.

“Ini salah satu kontribusi OKI untuk Sumsel, karena komoditi ini salah satu menjadi andalan di OKI,”katanya kepada ST [9/9/2019].

Dia menilai program SERASI yang dilaksanakan pemerintah pusat sangat tepat dilakukan apalagi didukung dengan potensi yang luar biasa.

Menurutunya melihat potensi yang luar biasa ini, seperti lokasi pertanian di Desa Tanjung Aur, Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), dapat diandalkan untuk meningkatkan tarap hidup petani sehingga dampaknya juga untuk menekan angka kemiskinan di OKI.

Disamping itu, dalam program SERASI ini dapat menekan karhutla, karena  tujuannya saat ini adalah bagaimana menekan kebakaran. “Jadi jangan petani membakar tapi mengelola dengan alat mesin pertanian, yaitu dengan menggunakan rotavator, menggunakan teknologi modern, menggunakan eksavator kemudian traktor roda empat dan seterusnya,”paparnya.

Iskandar menambahkan  diharapkan dengan adannya berbagai alat pertanian dan juga program SERASI yang biasanya tanam satu kali menjadi bisa tiga kali.

Namun demikian yang tak kalah penting menurutnya adalah di musim kering itu sedapat mungkin semua masyarakat ikut menekan kebakaran. “Jadi membangunkan lahan tidur dan menekan kebakaran serta meningkatkan kesejahteraan petani,”paparnya.[**]

 

 

Penulis : Dra

 

Comments

Terpopuler

To Top