Agribisnis

Asa Gub. Sumsel Kepada Menteri Kelautan & Perikanan

Foto : Istimewa

GUBERNUR Sumsel H.Herman Deru meminta Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Edhy Prabowo memprioritaskan pengembangan potensi perikanan di Sumsel. Hal itu diungkapkannya saat memberikan sambutan pada Peringatan Hari Nusantara  XIX oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumsel di Atrium OPI Mall Jakabaring, Senin (4/11/2019).

Pada kesempatan itu HD berharap Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo, yang merupakan putra asli Sumsel dapat membantu Sumsel meningkatkan produksi ikan dengan peningkatan budidaya secara serius.

” Saat ini Sumsel perlu meningkatkan budidaya. Karena beberapa ikan asli seperti Baung dan Belido masih kita datangkan dari Riau, Kalimantan dan Jawa Barat. Karena itu Saya minta khusus Bapak sebagai orang Sumsel dapat memprioritaskan ini,” jelas HD.

Selama ini terang Dia, balai pembenihan memang ada di tiap daerah kabupaten/kota. Namun cenderung tak berdaya karena kurangnya kelengkapan dan ahli.

” Makanya Saya minta betul kepada Pak Menteri, ahli-ahli yang dari Bogor di bawah Kementerian diboyong kesini untuk mentransfer ilmu. Kami sangat berharap Pak Menteri bisa mentrigger kami soal budidaya ikan ini. Karena potensi budi daya air tawar ini banyak di Sumsel ada di Musirawas, OKI dan lainnya. Dan ini sangat berkontribusi bagi masyarakat Sumsel,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakannya, melalui peringatan ini  masyarakat diharapkan bukan hanya termotivasi makan ikan karena kelezatannya saja untuk dinikmati tapi terpenting untuk pemenuhan gizi.

” Kita ini adalah penghasil ikan yang sangat baik karena selama ini ikan diolah dengan kreatif menjadi tempoyak, ikan kuah kuning dan banyak lagi lainnya. Nah kedepan ini jadi tugas Forikan untuk menjadikan makan ini bukan hanya kegemaran tapi menjadi kebutuhan,” jelasnya.[**]

 

Penulis : ril

 

 

 

 

Comments

Terpopuler

To Top