Sumselterkini.co.id, SINGAPURA – Media OutReach – Penelitian terbaru dari GlobeScan dan SustainAbility Institute oleh ERM menemukan bahwa kepemimpinan keberlanjutan semakin membutuhkan lebih dari sekadar kepatuhan untuk mengembangkan model bisnis inovatif dengan keberlanjutan sebagai intinya. Tindakan legislatif, standarisasi pengungkapan terkait keberlanjutan, kerangka keanekaragaman hayati COP15, dan tindakan bisnis juga diakui sebagai perkembangan keberlanjutan penting selama 12 bulan terakhir.
Survei GlobeScan / SustainAbility: 2023 Sustainability Leader mensurvei lebih dari 500 profesional keberlanjutan dari perusahaan, pemerintah, akademisi, dan sektor nirlaba di 63 negara antara Maret dan Mei 2023. Sebagai survei terbesar dan terlama dari jenisnya, GlobeScan / SustainAbility Survei Institute by ERM Leaders telah melacak pendapat para ahli tentang kepemimpinan pembangunan berkelanjutan selama lebih dari 25 tahun.
Penelitian ini juga menunjukkan para ahli mencari bukti dampak positif, bersama dengan tujuan aspirasional dan rasa tujuan yang tulus, menyoroti kebutuhan untuk terus mengambil pendekatan ambisius dalam menghadapi tekanan yang meningkat dari peraturan dan persyaratan pengungkapan.
Temuan survei utama dengan sorotan Asia Pasifik meliputi:
Perkembangan penting dalam agenda keberlanjutan: Para pemimpin keberlanjutan Asia-Pasifik melihat undang-undang dan tindakan bisnis menuju keberlanjutan (14%) sebagai perkembangan positif yang paling signifikan. Ini diikuti oleh standar pengungkapan keberlanjutan (11%) dan pengembangan terkait energi terbarukan dan karbon (10%).
Apa yang membuat kepemimpinan keberlanjutan: Mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam model dan strategi bisnis mendapat peringkat sebagai pendorong paling penting untuk kepemimpinan keberlanjutan perusahaan (27%), yang konsisten dengan pandangan mitra dari Eropa, Amerika Utara dan Latin. Bukti dampak dan tindakan (17%) dan penetapan target yang ambisius (16%) juga merupakan faktor kunci dalam menunjukkan kepemimpinan.
Pemimpin keberlanjutan perusahaan di Asia-Pasifik: Mahindra & Mahindra naik dari posisi ketiga tahun lalu untuk meraih posisi teratas sebagai pemimpin perusahaan dalam keberlanjutan di kawasan ini. City Developments Ltd. dan PTT Global mengikat di tempat kedua, sementara Tata turun dari memimpin pada tahun 2022 ke tempat keempat. Pemimpin keberlanjutan perusahaan terkenal lainnya meliputi: Charoen Pokphand Group, Samsung, Swire, Toyota, Kao, dan SCG.
Urgensi tantangan pembangunan berkelanjutan dan terobosan terkini
Sembilan puluh tiga persen (93%) pakar keberlanjutan terus menempatkan perubahan iklim sebagai tantangan paling mendesak. Deforestasi dimasukkan dalam survei untuk pertama kalinya pada tahun 2023 dan menempati peringkat lima besar masalah paling mendesak (86%). Masalah lain yang secara konsisten mendapat peringkat urgensi tinggi selama lima tahun terakhir termasuk hilangnya keanekaragaman hayati (86%), kelangkaan air (86%), dan kemiskinan (80%).
Secara global, para pakar keberlanjutan menunjuk pada berbagai undang-undang keberlanjutan baru seperti Undang-Undang Pengurangan Inflasi (IRA) dan Kesepakatan Hijau UE (disebutkan oleh 25%), standar pengungkapan (13%), dan perjanjian keanekaragaman hayati COP15 (10%) sebagai sebagian besar penting. Perkembangan lain yang disorot termasuk tindakan dan komitmen baru-baru ini oleh bisnis (9%) dan munculnya pembiayaan ramah lingkungan (7%).
Mark Lee, Director of the SustainAbility Institute by ERM berkata: “Perusahaan semakin mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam strategi bisnis mereka dan diakui sebagai pemimpin karena melakukannya. Pemimpin tahun ini, Patagonia, telah membawa integrasi keberlanjutan ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan menyalurkan semua keuntungan terhadap alam dan tindakan iklim. Batasan untuk bisnis yang berkelanjutan terus meningkat, dan perusahaan perlu terus mendorong batasan untuk mempertahankan status mereka sebagai pemimpin.”
Chris Coulter, CEO GlobeScan mengatakan: “Pemerintah telah kembali dalam hal keberlanjutan! Pemangku kepentingan menunjuk pada undang-undang baru dan aturan pengungkapan sebagai terobosan paling penting dalam agenda keberlanjutan di tahun lalu.”
Kepemimpinan perusahaan dan LSM dalam pembangunan berkelanjutan
Untuk pertama kalinya dalam survei ini, Patagonia (disebutkan oleh 32% pakar) adalah perusahaan yang paling dikenal oleh para profesional keberlanjutan atas karyanya dalam keberlanjutan, menggeser Unilever (29%) yang telah menikmati posisi teratas selama lebih dari satu dekade. IKEA (10%), Natura &Co (9%), dan Microsoft (6%) melengkapi lima besar.
Para ahli semakin memprioritaskan dampak dan tindakan yang nyata (disebutkan oleh 23% ahli) dan menetapkan tujuan dan target yang ambisius (16%) sambil terus menyebutkan menempatkan keberlanjutan sebagai inti dari model bisnis (31%) sebagai alasan utama yang mereka akui perusahaan sebagai pemimpin.
Sementara daftar pemimpin keberlanjutan yang diakui secara global hanya berubah sedikit dalam beberapa tahun terakhir, nama yang berbeda muncul ketika para ahli diminta untuk mengidentifikasi pemimpin keberlanjutan di antara perusahaan yang berkantor pusat di wilayah mereka sendiri.[***]