Digital Ekonomi

Gunakan e-Waroeng, Muba Ajak Emak-emak Melek Teknologi

“Kita akan modifikasi peruntukannya yang lebih luas lagi<'

Foto : Humas Muba

EMAK-emak di Kab. Musi Banyuasi [Muba] bisa tersenyum lega lantaran saat ini mereka tidak sibukan dan bersusah lagi untuk mengantri mencairkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), pasalnya, kini Kabupaten itu sudah menggunakan cara praktis dengan e- Waroeng.

Untuk kali pertama Dinas Sosial Muba resmi melaunching Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kabupaten Muba 2019 di E-Waroeng di Kelurahan Kayuara Kecamatan Sekayu.

“Jadi kalau selama ini harus antre untuk mendapatkan beras raskin. Nah, mulai sekarang di Muba hanya tinggal menggesek kartu Keluarga Penerima Manfaat (KPM), emak-emak sudah bisa mencairkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di E-Waroeng,” ungkap Sekda Muba, Drs H Apriyadi MSi disela-sela Launching, Jumat [27/9/2019].

Pemkab Muba menurutnya, mewajibkan kartu KPM tersebut untuk di-handle oleh kalangan ibu-ibu. “Ibarat Kementerian, emak-emak itu Kementerian Dalam Negeri. Jadi, keuangan keluarga dapat dikelola secara benar dan tepat,” terangya.

Apriyadi menyebutkan, ke depan BPNT ini akan dikembangkan dengan tidak hanya fokus dengan bantuan berupa beras. “Kita akan modifikasi peruntukannya yang lebih luas lagi.

Plt Kadinsos Muba Drs Ahmad Nasuhi mengungkapkan sebanyak 36.894 penerima KPM di Muba dan setiap penerima mendapatkan alokasi bantuan BPNT sebesar Rp110 ribu. “18.014 warga penerima BPNT yang tervalidasi hari ini sudah menerima,” jelasnya.

Nasuhi menjelaskan, upaya BPNT ini selain lebih memudahkan proses penerima KPM juga mengarahkan warga pra sejahtera di Muba untuk melek teknologi sesuai dengan keinginan Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin.  “Semoga penerima KPM ini dapat memanfaatkan BPNT dengan tepat penggunaan dan meringankan kebutuhan sehari-hari,” pungkasnya.

Terpisah, Ruhmina (48) warga Kayuara salah satu penerima KPM BPNT mengungkapkan rasa terima kasih dan bersyukur atas BPNT. “Alhamdulillah program ini sangat memudahkan kami penerima KPM,” pungkasnya.

Amzah si Pemilik warung juga mengapresiasi adanya program pemerintah yang mempermudah masyarakat untuk mendapatkan BPNT.[**]

 

Penulis : dil

 

 

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com