Seni & Budaya

Ini Kata Dewi Motik Terkait Festival Putri Sriwijaya

foto : Humas Pemprov. Sumsel

SUMSELTERKINI.ID, Jakarta – Ketua Dewan Pertimbangan Putri Bumi Sriwijaya (PBS), Dewi Motik Pramono mengatakan PBS yang digelar di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta, merupakan organisasi nirlaba yang berkomitmen penuh terhadap pelestarian budaya dari 5 Provinsi di Sumatera bagian Selatan yakni Provinsi Sumsel, Jambi, Lampung, Bengkulu, dan Bangka Belitung.

Festival Putri Bumi Sriwijaya merupakan program kerja PBS untuk menggali kembali budaya Sumsel yang pertama kali dilaksanakan sejak berdirinya PBS dua tahun lalu yakni pada tanggal 4 Maret 2016 lalu.

“Festival ini merupakan bentuk apresiasi ragam budaya Sumatera Selatan yang sangat potensial ditampilkan dan mendapatkan penghargaan serta pengakuan layak. Untuk itu, kedepan akan kita gelar kegiatan ini setiap tahun,” ungkapnya Kamis, (29/3/2018).

Sementara itu, Ketua Umum PBS, Prinny Harun Sohar mengatakan, seluruh rangkaian festival akan berlangsung 29 Maret -1 April 2018 meliputi kegiatan talkshow, pameran dan bazar, serta pagelaran malam budaya yang menampilkan ragam seni budaya Sumsel. Sasaran yang ingin dicapai yakni meningkatkan kunjungan wisatawan manca negara ke Sumsel melalui momentum penyelenggaraan Asian Games 2018 di Palembang.

“Selain kita melestarikan budaya, juga banyak sekali yang bisa kita promosikan di Sumatera Selatan, untuk itu kita akan buat acara ini setiap tahun. Mari kita Putri Bumi Sriwijaya harus berbuat nyata,” ujarnya.

Diakhir rangkaian acara festival, dilakukan penyerahan buku terbitan PBS mengenai budaya Sumsel kepada Gubernur Sumsel Alex Noerdin, kemudian pemberian penghargaan kepada Hj. Eliza Alex Noerdin, selaku pemerhati dan pembina kebudayaan Sumsel, serta pemberian penghargaan kepada pencipta tari Gending Sriwijaya, kepada Almh. Sukaenah A. Rozak, dan pelestari budaya Alm. Julius Toha (Diserahkan kepada keluarga) serta penyerahan penghargaan kepada penari pertama Tari Gending Sriwijaya, Delima Rozak.[bud]

 

Comments

Terpopuler

To Top