Pemerintahan

Waspada! Di Sumsel Tambahan Kasus Covid-19 Meningkat Cepat, 12 Hari Capai 1.000 Kasus

ist

DINAS Kesehatan Provinsi Sumsel mencatat, akhir-akhir ini penambahan kasus positif covid-19 meningkat cepat menyusul mobilitas masyarakat yang cukup tinggi.

“Kalau awalnya untuk penambahan 1.000 kasus sampai 70 hari. Kini dalam 12 hari sudah 1000 kasus, artinya semakin cepat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuraini, Selasa (5/1/2021). 

Berdasarkan data Dinkes Sumsel, saat ini paparnya jumlah yang terkonfirmasi positif COVID-19 secara keseluruhan mencapai 11.998 orang. Untuk pasien sembuh tercatat 9.780 orang dan pasien meninggal dunia sebanyak 615 orang.

Kasus kematian karena COVID-19 di Sumsel agak menurun. Sebelumnya, persentase kematian akibat COVID-19 adalah 5,4 persen dan sekarang di angka 5,1 persen.  Sedangkan untuk puncak COVID-19, menurutnya, belum bisa diketahui, sebab masih fluktuatif. Maka, menurutnya, masih perlu dilihat lagi beberapa hari ke depan.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar sadar bahwa pandemi ini masih berlangsung dan penularannya cukup tinggi. Sehingga, protokol kesehatan (Prokes) seperti 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak) tetap harus diterapkan dimana saja,” katanya.

Selain itu, agar para pemimpin kegiatan harus betul-betul menjaga protokol kesehatan dan yang ikut kegiatan semuanya harus dalam kondisi sehat.Bisa dengan cara di-rapid atau di cek suhu tubuhnya dan lain-lain. Jangan sampai ada yang orang tanpa gejala (OTG) ikut kegiatan.

“Vaksin memang sudah sampai di Indonesia, namun alangkah baiknya kalau Prokes tetap diterapkan dengan ketat. Supaya pandemi ini segera berakhir. Seandainya nanti sudah vaksinasi pun masih tetap harus waspada, karena butuh proses. Maka kepatuhan masyarakat hal yang besar, untuk mencegah penularan,” terangnya.[***]

Irwan Wahyudi

Comments

Terpopuler

To Top