Pemerintahan

Oh.. Ini Toh, yang Membuat Palembang Optimistis Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Nasional

Foto : Humas Pemkot Palembang

Sumselterkini.co.id, Palembang – Pemerintah Kota [Pemkot] Palembang masuk nominasi penghargaan pembangunan daerah di tingkat nasional.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kota Palembang, Harrey Hadi menjelaskan penghargaan pembangunan daerah ini tahapannya dimulai dari seleksi di tingkat provinsi yang di mulai dari Kabupaten/kota.

“Kami optimistis dengan kinerja positif selama ini, penghargaan itu dapat di raih,”ungkapnya  usai Pemaparan di Hadapan Tim Penilai  bertempat di Kantor Bapenas, Jakarta pusat, Kamis [21/3/2019].

Palembang sendiri, telah memaparkan dengan tim penilai independent terkait capaian yang telah dicapai Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, seperti pertumbuhan ekonomi, IPM dan Inflasi.

Harrey menambahkan Palembang menjadi salah satu kota dengan pertumbuhan yang sangat baik. Dimana dari indikator-indikator tersebut, Palembang menjadi salah satu kota dengan kinerja sangat baik dan menjadi nominasi.

“Semua sektor telah dilaksanakan, bahkan pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kita 77, 2% melebihi rata-rata provinsi dan nasional,” ungkapnya.

Jika didalami, ujarnya semua program yang dilaksanakan Pemerintah Kota Palembang sudah On The Track sesuai alokasi besaran anggaran APBD dan ketepatan  implementasi program yang dilaksanakan.

Dia mencontohkan seperti alokasi pendidikan,  dimana pemkot serius dalam pengembangan bidang pendidikan, dengan mengalokasikan anggaran untuk pendidikan 33 %, jauh di atas amanat Undang-undangan sebesar 20%. Sedangkan untuk Kesehatan, Pemerintah Kota Palembang mengalokasikan anggaran sebesar 15%, juga jauh di atas amanat pusat sebesar 10%.

Artinya semuanya jauh diatas rata-rata nasional. Bahkan, hal  ini dibuktikan indikator beserta capaiannya yg naik dan konsisten.Jadi wajar pemerintah Kota Palembang layak  mendapatkan penghargaan untuk tiga bidang pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan rakyat.[**]

Penulis : One

 

Comments

Terpopuler

To Top