Pemerintahan

Ngantor dari Lurah ke Lurah, Fitri Ingin Tampung Aspirasi ‘Wong Kito’

Foto : Humas Pemkot Palembang

“Ini adalah kesekian kalinya saya ngantor di kelurahan. Saya ingin memperbaiki infrastruktur di kelurahan,”

Sumselterkini.co.id, Palembang – Cuaca di Selasa pagi ini terlihat sangat cerah meskipun awan terlihat berkabut. Di sebuah Kantor Kelurahan Duku, Kecamatan Ilir Timur III, Palembang terlihat mulai ramai oleh pegawai kelurahan yang tengah menjalankan aktivitasnya melayani permintaan masyarakat setempat.

Sejumlah warga yang ingin mengurus administasi pun mulai terlihat. Namun ada juga yang sengaja datang bukan saja untuk mengurusi administrasi kependudukan. Melainkan untuk melihat langsung Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda yang memang dij jadwalkan untuk mengantor sehari di Kelurahan Duku itu.

Tak lama kemudian, orang nomor dua di Palembang itu tiba dengan iring-iringan kendaraan dinas bersama sejumlah ASN dari Pemkot Palembang. Ia pun sudah ditunggu Lurah setempat dan sejumlah tokoh masyarakat setempat. Fitri langsung berjalan bersama sejumlah orang yang telah menjumputnya untuk menuju kantor lurah.

Suasana hari, Selasa [5/3/2019] itu  terlihat sangat akrab, tak ada pembatasan antara masyarakat dengan pemimpinnya. Senyum tawa pun menyertai langkah kaki menelusuri daerah setempat.

Dengan tak segan, Fitri pun menyempatkan diri menyapa warga yang berada di balik pagar rumah, Ia pun berhenti, dengan senyum menyalami warga yang diketahui usianya lebih tua dari dirinya.

Itulah suasana yang sangat dinantikan oleh segenap masyarakat Palembang. Terjun langsung bertatap muka langsung dengan warga sebenarnya menjadi poin penting untuk para pemimpin.

Apalagi di Kota Palembang ini yang perkembangannya sangat pesat sehingga Palembang sangat luas. Banyak maasyarakat yang dahulunya tinggal di Kota Palembang, kini juga mulai menyebar di daerah-daerah marjinal, yang masih butuh perhatian dari pemimpinnya.Seperti infrastruktur jalan yang mulus, penerangan lampu, dan air bersih.

Saat ini seiring dengan berkembangnya kota Palembang, tentu semakin banyak pula kendala yang dihadapi warga, terutama di daerah pinggiran. “Ini komitmen saya menyapa warga disetiap kelurahan, bahkan saya pun akan  ‘ngantor sehari di sini, karena ingin menyerap langsung aspirasi warga,”tuturnya.

Pada kesempatan itu, Fitrianti Agustinda juga tidak semata-mata untuk duduk di kantor kelurahan, ia pun menyempatkan diri  meninjau gedung kantor lurah itu yang memang rencananya akan direnovasi secara menyeluruh.

“Ini adalah kesekian kalinya saya ngantor di kelurahan. Saya ingin memperbaiki infrastruktur di kelurahan,  seperti Kantor Kelurahan Duku ini yang membutuhkan renovasi total,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ngantor di kelurahan ini juga untuk mengetahui kondisi kepegawaian dan penunjang lainnya. Dirinya tidak ingin masih ada pegawai kelurahan yang masih berstatus tenaga kerja sukarela.

Sementara itu Ketua Forum RT/RW Kelurahan Duku, Aspandi mengaku senang dengan kehadiran Wakil Walikota Palembang.

Pada kegiatan itu,  Aspandi menjelaskan, Forum RT/RW telah rutin menggerakan masyarakat untuk bersama melaksanakan gotong royong serta subuh berjemaah.

Mengisi kegiatan ngantor di Kelurahan Duku, Fitri berkesempatan meninjau usaha pembuatan kerupuk jangek yang dirintis Ibu Ema, Warga RT 8 Kelurahan Duku.

Pada kunjungan Wakil Walikota tersebut, Ema menjelaskan tentang kesulitan yang dihadapi dalam menjalankan usahanya terutama pada penyediaan bahan baku.

Dipenghujung kegiatan Wakil Walikota Palembang mengunjungi Pondok Pesantren Saadatu Darain.  Di pesantren ini, Fitri beserta rombongan disambut dengan marawis oleh santri.[**]

 

Penulis : one

 

Comments

Terpopuler

To Top