Pemerintahan

Lurah Dihimbau Sediakan Taman Baca

Foto : Humas Pemkot Palembang

Palembang – Pemerintah Kota [Pemkot] Palembang, Ratu Dewa menghimbau agar Lurah dapat menyediakan taman bacaan. Langkah ini diambil, guna menumbuhkan minat membaca di kalangan masyarakat.

Membaca merupakan salah satu media yang sangat efektif  dalam dunia pendidikan untuk menjadikan anak pintar, cerdas, karena dari hobbi membaca sejak dini anak akan memiliki wawasan yang luas.

Namun budaya gemar membaca buku-buku pengetahuan masih sangat minim karena kurangnya kesadaran dari anak-anak. Apalagi di era serba digital ini, anak terkadang sibuk memanfaatkannya untuk hanya chatting an, bermain game online. Padahal tanpa disadari di era digital ini semua dapat dipermudah tanpa mencari-cari dulu referensi di dalam sebuah buku. Jika digitilisasi dapat dimanfaatkan dengan hal-hal positif tentunya akan berdampak pula pada pengetahuan anak-anak.

Oleh sebab itu, untuk mendorong minat baca tersebut, Pemerintah Kota Palembang menggelar acara sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca.Acara ini diselenggarakan di PT Penerbit Erlangga dan bekerjasama dengan Kota Palembang dan dibuka Sekda Kota Palembang Ratu Dewa, Selasa (30/4/2019). Ratu Dewa mengungkapkan, acara sosialisasi ini merindukan sebuah terobosan inovasi yang sangat baik dalam rangka berperan aktif mengajak masyarakat untuk gemar membaca.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai upaya kita menumbuhkan minat baca di tengah masyarakat yang sekarang sudah mulai pudar, saya harap kegiatan ini dapat berlangsung secara rutin dengan melibatkan pihak lain,” ungkap Ratu Dewa.

Dewa mengatakan, Pemerintah Kota Palembang akan terus melakukan upaya untuk mengajak masyarakat gemar membaca. “Selain perpustakaan keliling yang kita sediakan, kita minta OPD terkait seperti Dinas Pendidikan untuk mendorong para guru untuk mengajak anak didiknya untuk cinta perpustakaan, mereka harus rutin ke perpustakaan sebagai wahana membaca mereka,” kata Dewa.

Selain itu, lanjut Dewa, pihaknya juga menghimbau lurah-lurah untuk menyediakan taman bacaaan di setiap kelurahan.”Ke depan akan kita anggarkan untuk membuat taman bacaan di setiap kelurahan, dengan demikian masyarakat khususnya anak-anak memiliki akses yang mudah untuk membaca” Lanjut Dewa.

Ratu Dewa menambahkan, Kecanggihan Teknologi saat ini menjadi salah satu faktor masyarakat utamanya anak-anak untuk membaca buku. “Kecanggihan teknologi memang tidak bisa kita hindari, ambil nilai positifnya, namun di sisi lain jangan sampai meninggalkan buku sebagai bahan bacaan utama mereka, ini harus diimbangi,” kata Ratu Dewa.[**]

Penulis : One

 

Comments

Terpopuler

To Top