Pemerintahan

Kinerja Cemerlang, Menkominfo Raih Penghargaan “Pelayanan Prima” Dari Kemen PANRB

MENTERI Komunikasi dan Infomatika (Menkominfo), Johnny G Plate, meraih penghargaan sebagai Pembina Unit Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) karena kinerja selama ini cukup baik.

Penghargaan itu diberikan karena Kemen PANRB menilai, kinerja Menkominfo Johnny cukup cemerlang alias moncer, salah satunya dengan menggalakkan dengan masif transformasi digital di tengah terpaan dahsyat pandemi COVID-19.

Direktur Operasi Sumber Daya Direktorat Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Dwi Handoko, yang mewakili Menkominfo saat menerima penghargaan itu menjelaskan, penghargaan diberikan juga atas hasil evaluasi dari kinerja unit pelayanan publik Kementerian Kominfo selama periode 2021.

“Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo, memberikan penghargaan kepada Bapak Menteri Kominfo sebagai pembina Unit Pelayanan Publik Kategori Prima, itu satu hal yang cukup membanggakan,” ujar Dwi Handoko kepada InfoPublik pada Rabu (9/3/2022).

Predikat Penyelenggara Pelayanan Publik kategori “Pelayanan Prima” dari Kemen PAN RB juga diberikan kepada Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo.

Menurut Dwi Handoko, penghargaan itu merupakan bentuk komitmen Ditjen SDPPI Kominfo dalam pembangunan zona integritas, sesuai arahan Kementerian Kominfo.

“Alhamdulillah Direktorat Operasi Sumber Daya berhasil dalam memperoleh Penghargaaan sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori “Pelayanan Prima” Predikat A,” katanya.

Lebih lanjut, Dwi Handoko menjelaskan, Direktorat Sumber Daya merupakan Satuan Kerja Penyelenggara pelayanan Publik Perizinan Spektrum Frekuensi Radio (SFR) Dan Sertifikasi Operator Radio (SOR).

Pada 2019, katanya, Direktorat Sumber Daya telah mendapatkan predikat Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dari Kemen PANRB.

Selang dua tahun kemudian, yakni pada 2021, Direktorat Operasi Sumber Daya ditunjuk untuk menjadi lokasi dan fokus (locus) evaluasi penilaian kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik (UPP) di lingkup Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN RB.

“Harapan ke depan, Direktorat Operasi Sumber Daya sejalan dengan arah dari Kementerian, akan terus berkomitmen dalam pembangunan zona integritas dan terus melakukan inovasi berkelanjutan dan kommit memberikan pelayanan publik yang prima, transparan dan berintegritas,” jelasnya.

Sebelumnya, Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa, menyampaikan evaluasi pelayanan publik tahun 2021 telah dilakukan kepada 84 Unit Pelayanan Publik (UPP) pada tingkat Kementerian/Lembaga, 34 UPP pada tingkat Provinsi, dan 514 UPP pada tingkat Kabupaten/Kota.

Evaluasi dilakukan pada rentang Agustus – November 2021.

“Aspek yang dievaluasi mencakup: kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi,” pungkasnya.InfoPublik (**)

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com