Pemerintahan

Ini Harapan 2018 Terkait Provinsi Sumsel

Lintasan LRT Palembang

Namun diharapkan tantangan tersebut dapat dilalui dengan mulus.

foto : ilustrasi

SUMSELTERKINI.ID, Palembang – Tetap pukul 00.00 WIB tengah malam nanti, semua masyarakat di dunia akan masuk ke tahun 2018 Masehi dan meninggalkan tahun 2017 Masehi. Apa dikerjakan pada 2017 menjadi acuan untuk menatap 2018.

Di Sumsel sendiri ada dua kegiatan yang akan dilaksanakan, yakni Pilkada Serentak, seperti (Pilgub, Walikota Palembang, serta pemilihan bupati ) dan Asian Games yang dilaksanakan di Palembang- DKI Jakarta.

Kendati di 2018 merupakan tahun politik untuk Sumsel dan dinilai sangat berat, apalagi Palembang sebagai Ibukota Provinsi Sumsel menjadi salah satu tuan rumah Asian Games setelah DKI Jakarta. Namun diharapkan tantangan tersebut dapat dilalui dengan mulus. Ini harapan dari orang-orang yang memiliki pengaruh dibidangnya di Sumsel saat dihubungi, Minggu (31/12/2017).

Kesyar Ketua Dewan Penasehat DPD Pengembang Indonesia, dan Presiden Sriwijaya Gems Community menjelaskan pada 2017 sektor penyediaan perumahan rakyat masih belum memuaskan, terlebih di kelas penyediaan rumah non subsidi baik menengah maupun atas.

Tetapi sebaliknya untuk rumah bersubsidi prospeknya di Sumsel masih cukup baik, meskipun masih ada kendala terutama pada pengajuan kredit di perbankan. “Harapan saya pada 2018 khusus di sektor perumahan, perbankan di Sumsel dapat mendukung program perumahan, karena selama ini perbankan masih setengah-setengah da masih memperhitungkan resiko kreditnya,”ulasnya.

Terkait di tahun politik sepertinya penyerapan APBD dan APBN akan melambat karena terkait regulasi kebijakan daerah menghindari resiko hukum sementara harapan Asian Games akan membantu perekenomian daerah terutama sektor pariwisata akan lebih baik, dan UKM pun kian tumbuh.

Ketua DPD Apersi Sumsel, Samsul Rusman menambahkan mudah-mudah 2018 masehi akan lebih gemilang untuk Sumel, terlebih adanya Asian Games. Diharapkan dari even ini bisa meningkat pereknomian, terutama di sektor UKM dan Wisata di Palembang.

Pilkada serentak juga berharap suasanannya tetap kondusif tidak menganggu investasi. Diharapkan juga terpilihnya pemimpin- pemimpin yang amanah di Sumsel. Stokeholder dapat memanfaatkan semua moment dan peluang , “Kita optimistis masyarakat lebih cerdas dan maju sehingga bisa lebih sejahtera.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumsel, Panca Hadi, mengungkapkan semoga di tahun 2018 perekonomian Nasional dan regional Sumsel tumbuh stabil dan selalu kondusif. Industri Jasa keuangan  semakin berperan dalam mendukung perekonomian serta kemakmuran rakyat Sumsel.

Terkait Asian Games 2018 dan Pilkada Serentak diharapkan berjalan aman dan lancar tanpa ada gangguan apapun sehingga tak berdampak kepada  ekonomi Sumsel  yang saat ini tumbuh dengan baik.

Ketua Gapki Sumsel, Harry Hartanto menjelaskan diharapkan pada 2018 sektor perkebunan kalapa sawit tetap bergerak, meskipun masih ada kendala yang dijumpai baik dalam maupun di dunia Internasional.

Di dalam negeri kebijakan tentang gambut dan kawasan hutan sedangkan luar negeri dengan black campaign serta penetapan tarif lahan gambut akibat kebakaran 2015. Meski demikian tetap optimistis sektor perkebunan masih sangat prospek dan menjadi penyumbang ekspor Sumsel.

Gapki tetap fokus pada perkebunan masyarakat baik kemitraan maupun swadaya dan ini sudah dimulai oleh Presiden Jokowi, seperti baru-baru ini program replanting di Muba dan yang pertama di Indonesia dan selanjutnya diteruskan di Sumut. Hal ini tentu tak terlepas dari Pemprov. Sumsel dibawah kepemimpinan Alex Noerdin dan Bupati Muba Dodi Reza Alex.

Sektor sawit diharapkan berkembang lagi menjadi sektor makanan , industri dan energi terbarukan yang tak dapat tersaingi oleh minyak nabati lainnya.

“Kita percaya Sumsel bakal aman sebab Sumsel paling toleran, apalagi Gubernur Sumsel, Alex Noerdin tak henti-hentinya mensuarakan hal itu dalam setiap kesempatan baik jadi pembicara seminar baik dala maupun luar negeri, hal ini lah tentu menjadi modal dunia investasi Sumsel ke depan,”tutupnya.

Sementara Bupati Lahat, Saifudin Aswari Rifai menambahkan pada 2018 nanti diharapkan Sumsel tetap maju, meskipun pada tahun depan Sumsel dihadapkan dengan dua even penting yakni, Pilkada serentak dan Tuan Rumah Asian Games bersama DKI Jakarta.

“Saya optimistis semuanya akan berjalan lancar, pada 2018 pilkada serentak berjalan kondusif, artinya pilkada serentak bisa sejuk bisa menjadi contoh untuk provinsi lain,”urainya.

Dia menambahkan pilkada diharapkan tidak menganggu suasana Asian Games yang akan berlangsung di Palembang. “Siapa pun nantinya yang menjadi pemimpin tentu putra-putra terbaik Sumsel dan sudah selayaknya ke depan kepemimpinannya di dukung agar Sumsel lebih maju dan masyarakatnya sejahtera,”tambahnya.

Apalagi terang dia apa apa yang sudah dibangun oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin bisa dijaga dan terpelihara oleh gubernur-gubernur berikutnya dan Sumsel ke depan dapat berjalananya seusai dengan apa yang sudah dicita-citakan pendahulu, Semoga Sumsel Gemilang.

Hal senada diungkapkan Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin, terkait harapan 2018 nanti, saatnya Sumsel membuktikan diri menjadi provinsi yang terhormat dimata dunia. Dan saatnya juga masyarakat berperan mewujudkannya melalui peran masing-masing, sukses untuk semua.

Arif Pasha, Kanwil BPN Sumsel menanggapi harapan di 2018, setidaknya semoga Sumsel tetap aman, dan kondusif, khususnya Palembang, pembangunan tetap berjalan, siapa pun pemimpinnya saat menang dalam pilkada nanti bisa diterima dan menjadi panutan masyarakat Palembang dan Sumsel, dan bisa membawa Palembang , Sumsel lebih maju. Sehingga nantinya ekonomi dapat berkembang pesat, masyarakat sejahtera, Asian Games 2018 juga sukses.

 

 

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com