Pemerintahan

Asian Games Selesai, Ayo Saatnya Bersih-bersih GBK

foto : ilustrasi

SUMSELTERKINI.CO.ID, JAKARTA  – Pesta olahraga terbesar di Asia – Asian Games 2018 yang  diselenggarakan di Jakarta – Palembang hampir dua pekan sudah usai dilaksanakan, semalam, Senin malam (2/9/2018 juga telah usai pesta penutupan Asian Games 2018 di laksanakan di Jakarta – Palembang.

Pesta penutupan seperti diselenggarakan di Gelora Bung Karno [GBK] juga pasti meninggal kenangan untuk bangsa Indonesia. Disisi lain juga, pesta semalam tentunya  meninggalkan sampah – sampah yang berserakan di GBK.

Oleh sebab itu, Kementerian Perindustrian mengajak sukarelawan dari masyarakat industri untuk bersih-bersih Gelora Bung Karno (GBK) usai penutupan Asian Games 2018.

Ratusan calon mahasiswa dari Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) Jakarta dan Politeknik Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) di bawah binaan Kemenperin, berpartisipasi dalam bersih-bersih tersebut.

Aksi tersebut merupakan lanjutan dari partisipasi masyarakat industri bersih-bersih GBK menjelang dimulainya perhelatan Asian Games 2018 yang diinisiasi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ini.  Diketahui, Menperin mengatakan, pemerintah sedang gencar menggalakkan konsep circular economy di berbagai aspek kehidupan.

Langkah ini guna mentransformasi dari konsep linear economy yang hanya menganut prinsip produksi, penggunaan, dan pembuangan untuk menggunakan potensi setiap material

Sementara, konsep utama pada circular economy lebih dikenal melalui prinsip 5R, jelasnya. Prinsip ini antara lain dilakukan melalui reduce atau pengurangan pemakaian material mentah dari alam. Selain itu, reuse atau optimasi penggunaan material yang dapat digunakan kembali, daur ulang (recycle), perolehan kembali (recovery), dan perbaikan (repair).

Menurut Airlangga, industri manufaktur berperan penting dan memberikan dampak yang luas dalam mewujudkan circular economy di Indonesia. “Kami mengajak kepada pelaku industri nasional untuk bersinergi mengusung ekonomi berkelanjutan melalui berbagai kegiatan, di antaranya pelestarian lingkungan serta peggunaan teknologi bersih, biokimia, dan energi terbarukan,” tuturnya.[Ant]

 

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com