MUBA Terkini

Workshop Pengendalian Karhutlah dan Gambut

ril/ist

PEMERINTAH Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) telah menandatangani Kesepakatan Bersama dengan mitra Pembangunan Kabupaten Muba dalam Pencapaian target Maskot Muba yaitu, upaya perlindungan lingkungan, peningkatan produktifitas.

Plt Bupati Muba Beni Hernedi SIP mengatakan workshop pengendalian Karhutlah dan kawasan gambut merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama khususnya dalam upaya perlindungan lingkungan hidup pada sektor pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan gambut di Kabupaten Muba.

“Kami mengucapkan selamat kepada PUKL yang telah menyelenggarakan kegiatan Workshop hari ini, ujar Plt Bupati Muba Beni Hernedi saat membuka acara Workshop pengendalian Karhutlah dan Kawasan Gambut, serta Diseminasi Pembelajaran Pelibatan Masyarakat dalam Pencegahan Karhutlah dan Rehabilitasi Lahan. Acara berlangsung di Grand Ranggonang Hotel Sekayu, Senin (20/12/2021).

Kabupaten Muba sangat rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan gambut khususnya pada musim kemarau sehingga perlu meningkatkan koordinasi, komunikasi dan kerja sama dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan  lahan gambut di Kabupaten Muba.

“Seluruh pemangku kepentingan bersama-sama melakukan tindakan kongkrit dan nyata dalam upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan gambut di Muba. Memajukan sektor perkebunan, hilirisasi produk perkebunan serta industri kehutanan yang mengedepankan aspek pengelolaan yang mengedepankan perlindungan hutan, gambut dan lingkungan sehingga tetap mempertahankan aspek pembangunan berkelanjutan,”ucap Beni yang juga Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi program di Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL).

Lanjut Beni, selanjutnya pentingnya kolaborasi memajukan ekonomi masyarakat Kabupaten Muba termasuk dalam Langkah penanggulangan kemiskinan melalui pengembangan program pendampingan, community development, distribusi program CSR dan sebagainya. Serta Meningkatkan kerjasama dengan melalui PUKL sebagai rumah bersama multi pihak dalam mendorong pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Muba.

Menurut laporan Koordinator PUKL Kabupaten Muba, Ir Yuwono Aries ST Ars MT IAP bahwa tujuan kegiatan workshop yaitu Memberikan informasi mengenai target Maskot Musi Banyuasin, khususnya dalam upaya perlindungan lingkungan dan pencegahan kebakaran hutan dan gambut.[***]

 

 

Comments

Terpopuler

To Top